• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Tapal Kuda

PPKM Darurat, Kabupaten Probolinggo Bersholawat Digelar Virtual

PPKM Darurat, Kabupaten Probolinggo Bersholawat Digelar Virtual
Acara Kabupaten Probolinggo Bersholawat secara virtual. (Foto: NOJ/SN)
Acara Kabupaten Probolinggo Bersholawat secara virtual. (Foto: NOJ/SN)

Probolinggo, NU Online Jatim

Selain melakukan upaya lahir, Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengupayakan ikhtiar batin agar Covid-19 segera menjauh. Salah satunya dengan menggelar acara Kabupaten Probolinggo Bersholawat secara virtual sejak PPKM Darurat dimulai hingga berakhir pada 20 Juli 2021 mendatang. Ulama dan tokoh masyarakat setempat dilibatkan dalam acara itu.

 

Kegiatan tersebut secara bergantian akan dipimpin oleh para alim ulama dan habaib yang berbeda setiap harinya. Untuk jadwal pelaksanaan hari keempat dipimpin oleh KH Abdul Wasik Hannan selaku Rais Syuriyah PCNU Kota Kraksaan.

 

Selain terbuka untuk umum secara virtual melalui aplikasi zoom meeting untuk kapasitas 300 orang, kegiatan tersebut juga disiarkan secara live pada Chanel YouTube dan Facebook info Kabupaten Probolinggo serta akun Instagram @endlessprobolinggo.

 

Dalam sambutan virtualnya, Kamis (09/07/2021) malam, Bupati Probolinggo Hj Puput Tantriana Sari Hasan Aminuddin mengatakan bahwa wilayah Jawa dan Bali saat ini sedang dalam suasana penuh keprihatinan atas terjadinya lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang cukup signifikan.

 

Oleh karenanya, atas nama Pemkab Probolinggo pihaknya mengundang seluruh masyarakat untuk bersama-sama melakukan ikhtiar batin. Tantri menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara istiqamah setiap malam sampai tanggal 20 Juli ke depan. Dan kegiatan ini juga akan menjadi kegiatan rutin pada hari-hari selanjutnya.

 

“Kami berharap ikhtiar batin ini sedapatnya menjadi penyempurna ikhtiar lahir kami selama ini. Melalui event ini kami memohon doa barokah dari seluruh peserta yang mengikuti. Yang pertama bagi seluruh sanak famili, saudara dan semua orang yang saat ini sedang sakit karena ujian dari Allah SWT, semoga senantiasa diberikan kemudahan dalam proses kesembuhan, tanpa meninggalkan suatu sakit apapun,” ungkapnya.

 

Untuk doa barokah selanjutnya, Bupati Tantri menyebutkan seluruh tenaga kesehatan dan para petugas lapangan yang saat ini sedang berjibaku menjadi prajurit dan garda terdepan dalam upaya penanganan Covid-19. Baik itu ASN, TNI/Polri, relawan dan seluruh unsur masyarakat yang turut membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19.

 

Tidak lupa melalui event ini Bupati juga memohon doa untuk para pendahulu, utamanya para korban keganasan virus Corona yang telah mendahului. Pihaknya berharap arwah para pendahulu ini diterima sebaik-baiknya oleh Allah SWT, diterima segala amal ibadahnya, diterangkan kuburnya dan dihapuskan segala dosa dan kesalahannya.

 

“Semoga Allah mendengar doa kita dan semoga ikhtiar batin ini menjadi doa keselamatan kita, Kabupaten Probolinggo dan Indonesia segera terbebas dari Covid-19. Kepada masyarakat agar terus bersatu dan bergotong royong mengatasi pandemi ini sesuai dengan kapasitas diri kita masing-masing,” harapnya.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru