• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

Tes GeNose Sambut Ribuan Santri Nurul Jadid Paiton, Probolinggo

Tes GeNose Sambut Ribuan Santri Nurul Jadid Paiton, Probolinggo
Pemeriksaan kondisi kesehatan santri di Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. (Foto: NOJ/P Mika)
Pemeriksaan kondisi kesehatan santri di Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. (Foto: NOJ/P Mika)

Probolinggo, NU Online Jatim

Pelayanan penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Untuk memasuki area pesantren, santri dan wali diwajibkan melakukan tes GeNose atau Gadjah Mada Electronic Nose yang dipusatkan di halaman Universitas Nurul Jadid (Unuja).

 

“Di era pandemi saat ini, penerapan protokol kesehatan sangat diperlukan,” kata Khosibun Ni’am, Rabu (30/06/2021).

 

Kepala operator GeNose pesantren setempat tersebut mengemukakan bahwa sudah menyiapkan setidaknya delapan ribu kantong. Hal itu diperuntukkan bagi sejumlah santri baru yang akan dilayani.

 

“Insyaallah semuanya sudah siap,” tegasnya.

 

Terkait tenaga kesehatan, dirinya menyampaikan pihak pesantren memiliki Klinik Azzainiyah yang sudah memiliki tenaga terampil untuk hal tersebut.

 

“Kami juga bekerja sama dengan Santri Husada, Saka Bhakti Husada, dan Fakultas Kesehatan Unuja,” jelas Ketua Saka Bhakti Husada pesantren setempat ini.

 

Tak hanya itu, dari bagian keamanan dan ketertiban juga turut andil dalam menjaga penerapan protokol kesehatan.

 

“Kami juga bertugas menegur para tamu yang abai terhadap protokol kesehatan,” terangnya.

 

Perlu diketahui, prosedur pelayanan menyambut kedatangan santri secara offline kali ini diterapkan dengan sistem satu pintu. Yakni diawali dengan penurunan barang bawaan santri yang berada di area lapangan parkir.

 

Selanjutnya, santri baru diarahkan untuk memasuki halaman kampus Unuja guna melaksanakan serangkaian tes kesehatan dan pengambilan id-card. Setelah itu, santri baru yang  didampingi wali santri melakukan verifikasi data yang bertempat di aula II pesantren.

 

Penulis: Ponirin Mika

Editor: Syaifullah 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru