• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Metropolis

Ini Kata Gus Miftah soal Munculnya Asosiasi Youtuber Santri Indonesia

Ini Kata Gus Miftah soal Munculnya Asosiasi Youtuber Santri Indonesia
Peluncuran AYSI di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Selasa (22/06/2021) lalu. (Foto: AYSI)
Peluncuran AYSI di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Selasa (22/06/2021) lalu. (Foto: AYSI)

Surabaya, NU Online Jatim

Wadah untuk pegiat YouTube atau Youtuber dari kalangan santri maupun alumni pesantren kini telah diluncurkan. Yaitu Asosiasi Youtuber Santri Indonesia (AYSI) yang resmi diluncurkan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas Jombang, saat acara Haul Emas Virtual 50 Tahun KH Abdul Wahab Chasbullah, Selasa malam (22/06/2021) lalu.

 

Salah satu tokoh yang ikut menekan tombol sebagai symbol diluncurkannya AYSI adalah H Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah. Da’i milenial yang sering tampil di televisi nasional tersebut  mengingatkan pentingnya media sosial untuk dakwah di zaman sekarang.

 

“Suprise atas hadirnya AYSI. Hari ini perang kita adalah perang medsos. Bayangkan, peluru hanya menembak satu kepala, tapi postingan di YouTube bisa menembak jutaan kepala. Semoga, AYSI banyak mengembangkan dakwah Aswaja,” kata Penasihat AYSI asal Pesantren Ora Aji Sleman tersebut.

 

Usai peluncuran AYSI, Gus Miftah juga mengulas tentang kiprah Mbah Wahab dalam menjalankan misi dakwah melalui media. Sehingga teladan Mbah Wahab dinilai relevan untuk diteruskan generasi saat ini di era digital.

 

Adapun beridirnya AYSI mendapatan apresiasi dari berbagai kalangan. Apalagi asosiasi tersebut sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) dengan nomer pendaftaran 20210623 10551726 7888.

 

“Hingga batas waktu pada 22 Agustus 2021, AYSI yang telah diluncurkan bersamaan dengan Haul Emas 50 Tahun KH Abd Wahab Chasbullah pada 22 Juni 2021. Saat ini menunggu proses verifikasi dari KemenkumHAM,” kata Ketua Presidium AYSI H Helmy M Noor di Surabaya, Kamis (24/06/2021).

 

Helmy M Noor yang juga Alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, menjelaskan AYSI adalah komunitas santri kreatif untuk mengembangkan dakwah digital melalui kanal youtube dan media sosial lainnya.

 

“Visi AYSI adalah menjadi Komunitas Dakwah Digital Santri yang Kreatif, Inovatif, Profesional, dan Rahmatan Lil Alamin,” kata Helmy.

 

Untuk Misi AYSI adalah mewujudkan Komunitas Santri yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital; memperkuat peran Santri dalam mewujudkan dakwah digital yang ramah dan solutif; dan melaksanakan pelatihan pembuatan konten digital yang kreatif dan marketable.

 

Sedangkan misi lainnya adalah melaksanakan pelatihan teknis dalam memproduksi konten dakwah digital yang inovatif berstandar broadcast; melaksanakan siaran bersama (TV Pool) untuk memperkuat edukasi dan syiar keagamaan; dan menciptakan Santri Entrepreneur yang profesional, dinamis, dan agamis.

 

Sementara Presidium AYSI lainnya adalah H Mujtahidur Ridho (Sekretaris Presidium AYSI, PP Al Huda Kediri/PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang). Anggota Presidium adalah Ade Permana (Praktisi Menejemen dan Pemasaran), M Ghofirin, M.Pdi (Akademisi), dan Iwan Wahyu Susanto (Praktisi IT).

 

 

Untuk anggota Presidium lainnya; M Rizki Kevin Melody (Alumni PP Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo), HM. Adibussholeh Anwar (Admin Akun Pondok Pesantren Lirboyo Channel), Ahmad Tajuddin Zahro’u (Admin Akun KH Marzuki Mustamar Channel), dan M. Habibur Rohman. S.I.Kom (Admin Akun Masjid Al Akbar TV).


Editor:

Metropolis Terbaru