• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Tapal Kuda

Anggota Fatayat NU di Probolinggo Dibekali Pengetahuan Mengurus Jenazah

Anggota Fatayat NU di Probolinggo Dibekali Pengetahuan Mengurus Jenazah
Pelatihan mengurus jenazah yang diadakan PAC Fatayat NU Sumberasih Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Pelatihan mengurus jenazah yang diadakan PAC Fatayat NU Sumberasih Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Pelatihan jenazah di masa pandemi Covid-19 tetap dibutuhkan, selain untuk membantu sesama muslim juga bagian dari perintah Allah SWT.

 

Seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Mereka menggelar "Diseminasi  Pelatihan Kifayah" di Kediaman Suparmi, Ahad (04/07/2021).

 

Kegiatan yang diawali dengan pembacaan Maulid Diba', Yasin dan tahlil ini diikuti oleh 20 peserta dari pengurus PAC Fatayat NU Sumberasih. Kegiatan ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Makrufah selaku Ketua PAC Fatayat NU Sumberasih menjelaskan bahwa mengurus jenazah adalah fardu kifayah. Maka dari itu pengurus PAC Fatayat NU Sumberasih diharapkan mampu berperan saat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat, minimal untuk keluarga sendiri.

 

"Mengurus jenazah ini merupakan hal yang sangat penting di tengah-tengah masyarakat, apalagi masyarakat kita masih kental dengan kebiasaan dan adat daerah yang terkadang tidak sama. Sehingga hal ini perlu kita pahami bahwa pengurusan jenazah harus sesuai dengan ajaran Islam," ungkap Makrufah.

 

Lebih lanjut makrufah berharap penguru PAC Fatayat NU Sumberasih mampu mengamalkan pelatihan mengurus jenazah ini di tengah-tengah masyarakat.

 

 

“Dan juga program ini akan menjadi program jangka panjang PAC Fatayat NU Sumberasih untuk mengadakan pelatihan dan sosialisasi terkait  mengurus jenazah di setiap ranting bahkan anak ranting," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru