• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Nahdliyin, Ini Alasan Hewan dan Tumbuhan Istighfar untuk Ulama

Nahdliyin, Ini Alasan Hewan dan Tumbuhan Istighfar untuk Ulama
Pendakwah Habib Abu Bakar bin Hasan Assegaf asal Pasuruan. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)
Pendakwah Habib Abu Bakar bin Hasan Assegaf asal Pasuruan. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim

Pendakwah Habib Abu Bakar bin Hasan Assegaf dari Pasuruan mengatakan, bahwa setiap hewan dan tumbuhan di dunia ini senantiasa beristighfar guna memberikan ampunan kepada para ulama.


Penegasan tersebut disampaikan saat tausiyah pada malam puncak Haflatul Imtihan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Rabu (16/03/2022).


Habib Abu Bakar menerangkan, seorang sahabat Nabi pernah berkata, bahwa ikan-ikan di lautan dan hewan buas sampai binatang ternak semuanya selalu meminta ampunan kepada Allah SWT. Ampunan tersebut dikhususkan kepada alim ulama yang mempunyai ilmu.


“Jadi, semua ulama yang dititipkan ilmu oleh Allah SWT senantiasa semua makhluk yang ada di bumi ini beristighfar untuk para ulama,” ungkap Habib Abu Bakar.


Menurutnya, memang sepantasnya hewan atau binatang dan tumbuhan yang ada di bumi memintakan ampunan kepada Allah SWT untuk para ulama. Karena berkat ilmu para ulama yang mengajarkan kebaikan kepada umat alam bisa terjaga.


“Kita diajari oleh ulama jadi orang yang bersih, diajari cara memperlakukan binatang dan tumbuhan. Nah, sampai proses penyembelihan hewan kurban pun misalnya kita diajari tata caranya agar tidak menyakiti hewan yang disembelih,” imbuhnya.


Termasuk dalam kebersihan, para ulama dengan kedalaman ilmunya selalu mengajarkan bahwa ‘kebersihan sebagian dari iman’. Hal tersebut tentu sebagai pengejawantahan dari menjaga kenyamanan hewan dan tumbuhan, tidak hanya manusia belaka. Atas dasar hal ini umat manusia bisa merasakan kenikmatan ilmu yang diturunkan oleh para ulama terdahulu.


“Berkat hal ini, Allah SWT menurunkan rahmat berupa hujan dan menjadi berkah bagi manusia. Dengan hujan pula pertanian jadi subur, ikan-ikan di laut dan sungai, serta hewan lainnya senang. Maka pantas kiranya ia mendoakan para ulama,” katanya.


Tapal Kuda Terbaru