• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Tapal Kuda

PW dan PC IPNU se-Indonesia Ikuti Bimtek Borang, Termasuk Lumajang

PW dan PC IPNU se-Indonesia Ikuti Bimtek Borang, Termasuk Lumajang
Poster bimtek oleh PP IPNU dengan peserta PW dan PC IPNU se Indonesia. (Foto: NOJ/Imam Malik Hakim)
Poster bimtek oleh PP IPNU dengan peserta PW dan PC IPNU se Indonesia. (Foto: NOJ/Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim

Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) melaksanakan kegiatan bimtek secara virtual tentang penyusunan borang akreditasi organisasi untuk membimbing semua tim asesor yang berada di pimpinan wilayah dan pimpinan cabang se-Indonesia. Terpusat di Jakarta, kegiatan ini digelar pada Jumat (11/03/2022).


“Kepada PW dan PC mari kita seksama kita betul-betul mengikuti kegiatan ini sehingga system akreditasi bisa tercapai dari semua jajaran hingga tingkat ranting sekalipun,” kata Aswandi Jailani, Ketum PP IPNU.


Bimtek tersebut, lanjut dia, merupakan tolak ukur pada kegiatan-kegiatan yang ada di cabang dan wilayah, sehingga kaderisasi berjalan dengan baik. “Akreditasi adalah tolak ukur untuk kerja-kerja dalam organisasi IPNU. Kenapa mau menerapkan ini, yaitu untuk mengantisipasi cabang atau wilayah yang belum melaksanakan kaderisasi,” ujar Aswandi.


“Makanya ini betul-betul kita maksimalkan dengan baik terkait sistem akreditasi dan klasterisasi sehingga harus bisa melakukan itu pada tubuh organisasi Ikatan Pelajar NU se-Indonesia. Dengan adanya ini sebagai penyemangat, juga agar kader-kader kita di PAC, PR, hingga PK betul-betul aktif baik dengan kaderisasi formal maupun nonformal,” imbuhnya.


Sementara itu, Mufarrihul Hazin, Sekretaris Umum PP IPNU yang juga sebagai pembimbing bimtek, menjelaskan sedari awal bahwa kegiatan seperti ini sebagai program awal di IPNU dan semua terkait perbaikan kepengurusan adalah melalui sebuah penilaian, yakni pada sistem akreditasi dan klasterisasi.


“Akreditasi itu adalah program awal di IPNU, dan kita semua tahu bahwa perbaikan mutu pada tubuh organisasi itu dari penilaian melalui kegiatan tersebut,” tandasnya.


Farrihul berharap dari kegiatan ini ada tujuan yang bisa dicapai, yakni adanya perbaikan organisasi sehingga dalam akreditasinya bisa terekam dengan baik dalam pengkaderan IPNU, seperti Makesta, Lakmud, Lakut, dan Latin, baik di jajaran wilayah ataupun cabang.


“Tujuannya adalah perbaikan organisasi dan kalaupun mau dapat akreditasi dengan baik harus banyak bersinergi dalam hal kegiatan formal seperti Makesta hingga Latin dan semua harus berkolaborasi dalam hal kata kunci agar pengurus PC dan PW mendapatkan penilaian setelah melakukan kinerjanya dalam tubuh organisasi,” ujarnya.


Tapal Kuda Terbaru