• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Tapal Kuda

NU Kota Pasuruan MoU dengan Unmer Kembangkan Urban Farming

NU Kota Pasuruan MoU dengan Unmer Kembangkan Urban Farming
Penandatanganan MoU antara PCNU Kota Pasuruan dengan Universitas Merdeka Pasuruan terkait pengembangan urban farming. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Penandatanganan MoU antara PCNU Kota Pasuruan dengan Universitas Merdeka Pasuruan terkait pengembangan urban farming. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan melalui Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) menggelar Memorandum of Understanding (MoU) bersama Universitas Merdeka Pasuruan terkait pengembangan pertanian urban farming. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula PCNU Kota Pasuruan, Selasa (28/11/2023).

 

Ketua LPPNU Kota Pasuruan, Zulkarnain Mahmud mengatakan, tujuan MoU dengan Unmer secara garis besar dalam bidang penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia di bidang pertanian.

 

"MoU dilakukan juga dalam rangka merespons banyak hal yang akan dilakukan NU melalui Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU), seperti program peduli lingkungan, ketahanan pangan keluarga, hingga pengolahan sampah menjadi pupuk organik," ujarnya kepada NU Online Jatim, Rabu 29/11/2023).

 

Zulkarnain menambahkan, pihaknya juga bersinergi untuk pengembangkan urban farming melalui Kawasan Pangan Rumah Lestari (KRPL) serta sistem tanam vertikultur. Sehingga pemenuhan kebutuhan pangan keluarga ke depan terpenuhi dari pekarangan rumah masing masing warga.

 

"Program pengembangan urban farming merupakan gagasan yang tidak instan, perlu banyak kerja sama dan ketekunan agar sumbangsih LPPNU Kota Pasuruan nyata sesuai visi kita," ungkapnya.

 

Sementara Rektor Universitas Merdeka Pasuruan, Sulistyawati menuturkan, urban farming merupakan salah satu model intensifikasi lahan yang cocok diterapkan di Kawasan perkotaan.

 

"Banyak model yang bisa digunakan, di antaranya menanam dalam pot, vertikultur, hidroponik, dan sebagainya. Intinya dengan lahan atau pekarangan yang sempit, masyarakat tetap dapat berbudi daya, minimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari," katanya.

 

Menurutnya, Universitas Merdeka Pasuruan sebagai unsur akademisi juga punya tanggung jawab terhadap perkembangan Kota Pasuruan, khususnya peningkatan SDM melalui bekal ilmu pengetahuan sesuai bidang masing-masing.

 

"Khusus untuk mahasiswa program studi Agroteknologi, dalam kurikulum dimasukkan mata kuliah tentang pertanian secara umum maupun khusus, di antaranya tentang urban farming tersebut," terangnya.

 

Dirinya berharap ke depan kompetensi yang dimiliki mahasiswa atau lulusan dapat ditularkan kepada masyarakat sekitar melalui kegiatan yang digagas oleh LPPNU Kota Pasuruan bersama Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Pasuruan.  

 

"Semoga dengan adanya kegiatan ini kita bisa bersama-sama mewujudkan pertanian urban farming, khususnya di Kota Pasuruan," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru