• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Madura

LPPNU Pamekasan Berupaya Kembangkan Sektor Bisnis Pesantren

LPPNU Pamekasan Berupaya Kembangkan Sektor Bisnis Pesantren
Kegiatan Look-Up Inkubasi Bisnis Pesantren yang diadakan PC LPPNU Pamekasan, Selasa (15/03/2022). (Foto: NOJ/ Syarofi).
Kegiatan Look-Up Inkubasi Bisnis Pesantren yang diadakan PC LPPNU Pamekasan, Selasa (15/03/2022). (Foto: NOJ/ Syarofi).

Pamekasan, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Pamekasan melaksanakan kegiatan LOOK-UP Inkubator Bisnis Pesantren di aula kantor Kementrian Agama (Kemenag) setempat, Selasa (05/03/2022). Kegiatan ini bekerja sama dengan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Kemenag Pamekasan.
 

Tabri S Munir, Sekretaris LPPNU Pamekasan mengatakan, target dari kegiatan tersebut ingin peserta bisa berperan aktif serta mengakses semua ide bisnis untuk kemajuan bisnis pesantren di Pamekasan. 
 

"Sebagian pesantren di Pamekasan masih belum melihat sektor pertanian, peternakan dan perkebunan sebagai sarana industri dan bisnis. Makanya kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan pesantren melalui sektor peternakan, pertanian dan perkebunan," ucapnya. 
 

Ia menambahkan, program ini sejalan dengan program Kemenag RI yang saat ini masih membuka proposal untuk 500 pesantren se-Indonesia dalam melakukan inkubasi bisnis pesantren. 
 

"Siapa tahu melalui kegiatan ini ada inspirasi dan informasi yang bisa kita gali, sehingga mereka bisa menyusun perencanaan dengan baik. Selanjutnya kami mendapatkan bagian dari call proposal ini untuk inkubasi bisnis pesantren," imbuhnya. 
 

H Mawardi, Kepala Kemenag Pamekasan mengatakan, pesantren saat ini sudah selayaknya mandiri dalam bidang ekonomi.
 

"Program dari Kemenag RI harus kita tangkap untuk kemajuan pesantren di Pamekasan. Kita lihat, SDM kita di pesantren ada, pasar kita ada, rakyat banyak, tapi hingga saat ini yang memanfaatkan adalah orang di luar pesantren, seperti kebutuhan seragam, makanan pokok masih beli dari luar," katanya. 
 

Untuk itu, ia mengajak agar pesantren juga turut aktif  dalam membangkitkan ekonomi dengan mengelola sektor pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan. 
 

"Melalui kegiatan ini, kami berharap pesantren dapat rangsangan untuk aktif dan melakukan kemandirian pesantren di bidang ekonomi melalui beberapa sektor yang telah disebutkan. Sebab, potensi dan peluang untuk pesantren Pamekasan sangat ada," harapnya. 
 

 

Sementara Habib Amin Jakfar, Bendahara PCNU Pamekasan mengapresiasi dan mendukung penuh langkah yang dilakukan oleh LPPNU bersama Kemenag Pamekasan dalam mewujudkan kemandirian pesantren.


Editor:

Madura Terbaru