• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Tapal Kuda

Pelajar NU di Pasuruan Ngaji Perkara Najis dan Suci

Pelajar NU di Pasuruan Ngaji Perkara Najis dan Suci
Ngaji Lan Diskusi Perkara Najis dan Bersuci. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Ngaji Lan Diskusi Perkara Najis dan Bersuci. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Kader dan anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Gondang Wetan diajak cerdas memahami perkara najis dan bersuci.

 

Ajakan itu disampaikan dalam acara Ngaji lan Diskusi (Ngadusi) yang diselenggarakan di Gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, Jumat (03/09/2021).

 

Acara yang sudah berlangsung selama empat kali dengan tema berbeda tersebut merupakan program dari Departemen Dakwah PAC IPNU-IPPNU Gondang Wetan guna memberi wawasan kepada anggota.

 

"Harapan kami mengadakan acara ini supaya rekan dan rekanita bisa lebih memahami perkara najis dan upaya bersuci darinya, sekaligus untuk menambah wawasan kita semua," tutur Nada Rofilah dalam sambutannya sebagai wakil ketua pelaksana.

 

Ahmad Farhan yang merupakan pemateri dalam kegiatan tersebut memaparkan fardhu dan rukun wudhu. Termasuk hal-hal makruh dalam berwudhu. Di antaranya berlebihan dalam menggunakan air, mendahulukan membasuh anggota tubuh bagian kiri dari pada kanan, dan meminta bantuan orang lain saat berwudhu tanpa ada halangan apa pun.

 

Lelaki yang merupakan Alumni Pondok Pesantren Al Falah, Lebak, Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan juga menjelaskan beberapa hal yang menjadi sunnah berwudhu. Antara lain posisi tubuh menghadap kiblat, membaca basmallah, membasuh anggota wudhu sebanyak tiga kali, hingga melaksanakan tata cara bersuci secara urut.

 

Berlangsung selama kurang lebih satu jam sejak pukul 13.00 WIB, kegiatan tersebut diikuti oleh anggota IPNU-IPPNU Gondang Wetan dengan baik dan lancar.

 

 

" Saya sangat Berterima kasih kepada Rekan dan Rekanita sekalian yang sudah menyempatkan hadir dalam acara Ngadusi ini, semoga untuk di acara yang sama dengan tema berbeda berikutnya, kita tetap antusias mengikuti sampai akhir," pungkas Rofilah, Wakil Ketua Departemen Dakwah IPPNU PAC Gondang Wetan.

 

Penulis: Rahma Salsabila

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru