• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Tapal Kuda

Pelatihan Muharrik dan Sistem Informasi Masjid NU Digalakkan di Lumajang

Pelatihan Muharrik dan Sistem Informasi Masjid NU Digalakkan di Lumajang
LTMNU Lumajang terus melakukan pelatihan muharrik masjid dan sistem informasi masjid NU. (Foto: NOJ/Imam Malik H)
LTMNU Lumajang terus melakukan pelatihan muharrik masjid dan sistem informasi masjid NU. (Foto: NOJ/Imam Malik H)

Lumajang, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Lumajang mengadakan Pelatihan Muharrik Masjid (PMM) dan Sistem Informasi Masjid NU atau Simasnu. Kegiatan dipusatkan di aula Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Tempeh, Ahad (21/08/2022).


Nur Chotib selaku Ketua PC LTMNU menyampaikan, pelatihan muharrik masjid adalah program untuk mewujudkan dan memeriahkan peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama. Target pemenuhan program yakni memberikan seribu label masjid di seluruh Lumajang.


“Pelatihan muharrik masjid atau PMM ini kami sudah melakukannya di masing-masing kecamatan hingga desa. Target dan capaian kami dalam menyongsong 1 abad NU tahun 2022 insyaallah segera selesai karena kurang tiga kecamatan yakni Gucialit, Padang dan Sumbersuko,” katanya kepada NU Online Jatim


PC LTMNU Lumajang sudah banyak memberikan pelatihan berupa PMM dan Simasnu. Khusus sistem informasi, menurut Abah Nur agar pegiat masjid bisa memiliki kecakapan dalam menyampaikan dakwah dan mensyiarkan ajaran agama Islam an-Nahdliyah.


“Kami berupaya melatih mereka agar bisa memakmurkan masjid. Utamanya dakwah pada ajaran agama Islam an-Nahdliyah saat khutbah Jumat dan momen tertentu. Simasnu dan PMM adalah program yang sesuai bagi takmir masjid NU,” terang dia.


Sedangkan hingga kini, PC LTMNU Lumajang sudah melakukan labelisasi terhadap ratusan masjid. Dirinya menargetkan pada momentum 1 abad NU akan ada seribu masjid yang dapat diberikan label NU.


“Alhamdulillah sudah 836 masjid sudah menjadi masjid NU, kurang 164 masjid dan akan kami selesaikan hingga akhir tahun 2022,” katanya.


Pada kegiatan tersebut ada 80 takmir masjid yang ikut pelatihan. Abah Nur merasa bangga karena perjuangan yang ditunjukkan mereka khususnya di Kecamatan Tempeh. Lantaran banyak masjid NU di kawasan setempat.


“Kami berikan materi Simasnu dengan beberapa tahapan yakni labelisasi dan upaya kesiapan masjid NU dalam menyongsong 1 abad. Serta berupaya meningkatkan prasasti amaliah NU dan memenuhi neon box agar Nahdliyin paham banyaknya masjid NU di Lumajang,” tandasnya.


Di ujung keterangan, dirinya berharap agar ke depan PMM menjadi program terukur dan terlaksana dengan baik. Dalam praktiknya dibarengkan Simasnu.


“Hal itu agar takmir masjid bisa maksimal dalam memakmurkan masjid NU khususnya di Kecamatan Tempeh,” pungkas dia.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru