• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Tapal Kuda

Pospemda Hubbul Wathan, Program Unggulan IPNU-IPPNU di Pasuruan

Pospemda Hubbul Wathan, Program Unggulan IPNU-IPPNU di Pasuruan
PR IPNU-IPPNU Nogosari, Kecamatan Pandaan, Pasuruan saat melaksanakan program Pospemda Hubbul Wathan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
PR IPNU-IPPNU Nogosari, Kecamatan Pandaan, Pasuruan saat melaksanakan program Pospemda Hubbul Wathan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Nogosari, Kecamatan Pandaan, Pasuruan memiliki program unggulan bernama Pospemda Hubbul Wathan. Program ini bertujuan untuk mengakomodir pemuda-pemudi dalam hal pendidikan, lingkungan, dan sosial.


Ketua PR IPPNU Nogosari, Nurul Fauziah mengatakan, dalam bidang pendidikan pihaknya ingin membantu anak-anak di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya.


"Karena banyak anak-anak yang mengeluhkan tugas-tugasnya, sedang orang tua tidak bisa membantu. Oleh karenanya, setiap dua pekan sekali kami pergi ke setiap dusun untuk membantu mereka," ujarnya kepada NU Online Jatim, Selasa (07/06/2022).


Mahasiswi Universitas PGRI Wiranegara (Uniwara) itu mengatakan, dalam bidang lingkungan dan sosial pihaknya akan mengajak pemuda-pemudi beserta masyarakat untuk melakukan penanaman pohon di setiap dusunagar terlihat lebih hijau.


"Menanam pohon merupakan ikhtiar untuk meningkatkan kesadaran kepada pemuda dan masyarakat agar lebih mencintai lingkungan," terangnya.


Dirinya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya pengenalan IPNU-IPPNU sejak dini kepada anak-anak usia sekolah dasar dan remaja di desa setempat.


"Ini merupakan kaderisasi awal, sekaligus implementasi dari definisi IPPNU-IPPNU sendiri. Yakni sebagai organisasi yang tidak hanya bergerak di bidang keagamaan, tetapi juga kemasyarakatan dan kepelajaran," imbuhnya.


Ia pun berharap, dengan kegiatan tersebut dapat menjadikan orang tua yakin agar putra-putrinya bergabung di organisasi pelajar IPNU-IPPNU. Bahkan, kelak tidak ragu menitipkan anak-anaknya untuk bergabung bersama IPNU-IPPNU.


"Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan sebagai modal dasar untuk membentuk kader NU di tingkat sekolah," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru