• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 Agustus 2022

Tapal Kuda

Ansor-Banser di Pasuruan Diingatkan Jadi Pelopor Penyelesaian Problematika Sosial

Ansor-Banser di Pasuruan Diingatkan Jadi Pelopor Penyelesaian Problematika Sosial
Gus Ipong saat menyampaikan sambutan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Gus Ipong saat menyampaikan sambutan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pasuruan menggelar Halal Bihalal yang bertempat di Aula KH Ahmad Jufri Graha NU Kabupaten Pasuruan, Ahad (29/05/2022).


Dalam kesempatan tersebut, KH Imron Mutamakkin selaku Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menegaskan peran Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) sebagai pelopor pergerakan.


"Para pemuda ini, harus selalu hadir dalam segala kebutuhan di masyarakat, juga selalu hadir berdampingan dengan pengurus-pengurus di seluruh Badan Otonom (Banom) NU pada semua tingkatan," jelasnya.


Berkaca pada problematika di tengah masyarakat, pihaknya mempercayakan kepada Ansor-Banser untuk menjadi garda terdepan mewakili NU. "Karena semangat kalian yang tidak diragukan, juga kecakapan kalian dalam merespons keadaan sosial," ungkapnya.


Kendati demikian, Gus Ipong sapaan akrabnya, meluruskan bahwa dalam menjalankan tuntutan perannya, Ansor dan Banser di Pasuruan tidak harus bergerak sendiri, tetapi menjadi pelopor untuk menjalin kerja sama dengan beberapa pihak.


"Misalnya ada permasalahan mengenai pendidikan di suatu daerah tertentu, maka kalian bisa membangun serta menjalin kerja sama dengan Ma'arif NU dan lembaga pendidikan lainnya. Begitu pun dengan permasalahan lain yang terbilang urgen, seperti ketahanan pangan dan ekonomi. Tentunya dengan menggunakan langkah paling strategis yang bisa kalian ciptakan," terangnya.


Gus Ipong menambahkan, terdapat peluang yang besar bagi Ansor-Banser untuk berkiprah dalam skala nasional, salah satunya dengan memulai melalui langkah-langkah sederhana.


Sementara itu, Abdul Karim Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan tersebut yang sejak lama digadang-gadang.


"Akhirnya, setelah melewati beberapa persoalan, kegiatan ini dapat kami laksanakan berkat ridha-nya dan dukungan dari beberapa pihak," tandasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru