• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Kompak, Ansor-Banser di Sidoarjo Gelar PKD dan Diklatsar

Kompak, Ansor-Banser di Sidoarjo Gelar PKD dan Diklatsar
Apel pembukaan PKD dan Diklatsar PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Tanggulangin, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Apel pembukaan PKD dan Diklatsar PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Tanggulangin, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo tampak kompak. Hal ini diwujudkan dengan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ke V serta Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) ke VI secara bersamaan.

 

Kegiatan kaderisasi organisasi kepemudaan NU tersebut digelar selama tiga hari sejak Jumat (03/12/2021) hingga Ahad (05/11/2021). Kegiatan itu dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma'arif NU Ketegan, Tanggulangin, Sidoarjo. 

 

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kabupaten Sidoarjo, Abdul Mukit Murtadlo menyampaikan, bahwa PKD dan Diklatsar ini merupakan gerbang pertama untuk menjadi anggota Ansor maupun Banser. 

 

Dirinya juga menegaskan, bila ada kader yang masih ada titik keraguan untuk berkhidmat di NU, dipersilahkan kembali dan keluar dari barisan.

 

"Saya tegaskan, jika kalian masih ada keraguan, silahkan keluar barisan dan mundur secepatnya. Jangan mundur alon-alon (lamban), langsung keluar barisan dan pulang," tegasnya.

 

Sementara Ketua PAC GP Ansor Tanggulangin, Askur Ahmad menjelaskan, bahwa kegiatan ini diadakan untuk memperkuat kaderisasi sekaligus pembukaan rekrutmen anggota baru, guna menyiapkan pemegang tongkat estafet kepengurusan organisasi ke depan.

 

"PKD dan Diklatsar ini bukan akhir , melainkan sebagai kawah candradimuka atau langkah awal kader baru Ansor dan Banser di Kecamatan Tanggulangin," ujar Askur.

 

Ia berharap, setelah mengikuti pengkaderan di Ansor maupun Banser, seluruh peserta dapat aktif berperan dengan mengimplementasikan materi dan porsi latihan yang sudah diperoleh. 

 

“Selanjutnya dapat berjuang dan berkhidmat di NU melalui organisasi di lingkup kepemudaan ini, baik di tingkat Pimpinan Ranting maupun PAC,” terangnya. 

 

Di samping itu, Camat Tanggulangin, Sabino Mariono, mengungkapkan apresiasi kepada Ansor dan Banser. Karena menurutnya, selama ini telah menjadi mitra pemerintah yang baik, termasuk dalam penanganan Covid-19.

 

"Saya titip kepada seluruh peserta untuk serius dalam mengikuti PKD dan Diklatsar ini. Tentunya kami menyambut baik kader Ansor dan Banser karena selama ini sudah bermitra baik dengan kami di pemerintahan," pungkasnya.

 

 

Diketahui, sebanyak 70 peserta mengikuti kegiatan ini. Jumlah tersebut meliputi 36 peserta PKD dan 34 peserta Diklatsar dari internal maupun eksternal Sidoarjo. 

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru