• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Metropolis

Kiprah Pasukan Orange Bagana Bersihkan Sampah Usai Konfercab NU Sidoarjo

Kiprah Pasukan Orange Bagana Bersihkan Sampah Usai Konfercab NU Sidoarjo
Sejumlah Pasukan Orange Bagana Satkorcab Kabupaten Sidoarjo saat memungut sampah di lokasi Konfercab NU, Ahad (28/11/2021).(Foto: NOJ/LYR)
Sejumlah Pasukan Orange Bagana Satkorcab Kabupaten Sidoarjo saat memungut sampah di lokasi Konfercab NU, Ahad (28/11/2021).(Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Satuan khusus (Satsus) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Tanggap Bencana atau Bagana Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Kabupaten Sidoarjo dengan sigap membersihkan area Masjid KH Hasyim Asy’ari Sidoarjo, usai digelarnya Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XXI Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo, Ahad (28/11/2021).

 

Puluhan anggota tim Bagana berseragam orange tersebut terlihat kompak membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar area Konfercab. Terlihat pula sampah kardus, botol, dan gelas plastik berserakan yang langsung dibersihkan oleh Pasukan Orange Bagana Sidoarjo.

 

Kepala Satkorcab (Kasatkorcab) Banser Sidoarjo Abdul Mukit mengatakan, bahwa Pasukan Orange Bagana yang diterjunkan dalam giat Konfercab kali ini berjumlah 25 orang. Mereka bertugas di lokasi mulai pukul 6 pagi sampai dengan pukul 7 malam.

 

“Tugasnya membantu panitia seksi perlengkapan, menjaga kebersihan di lokasi Konfercab, dan mobile atau keliling rutin ke seluruh area baik di dalam maupun luar ruangan guna memastikan tidak ada tumpukan sampah yang bisa mengganggu jalannya Konfercab,” katanya kepada NU Online Jatim, Senin (29/11/2021).

 

Lebih lanjut, Mukit menambahkan, selain menerjunkan Pasukan Orange Bagana, dalam Konfercab ini pihaknya telah menurunkan total 430 orang personil Banser dari berbagai satuan dengan tugasnya masing-masing. Diantaranya dari satuan Provost yang bertugas melakukan pengawalan tamu VIP, pengamanan tempat rekapitulasi, registrasi, tempat transit, dan area panggung.

 

“Selain itu, kita juga menugaskan satuan khusus Balantas, Basada, Infokom, dan protokoler. Selebihnya adalah pasukan dari Satkoryon Banser se-Kabupaten Sidoarjo yang ikut bergabung bersama kami demi kesuksesan jalannya Konfercab NU Sidoarjo,” imbuhnya.

 

Dirinya bersyukur, bahwa pelaksanaan Konfercab NU Sidoarjo berlangsung kondusif dan aman terkendali. Begitu juga kebersihan, tetap terjaga mulai awal hingga akhir acara.

 

“Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi kepada para sahabat yang telah menjalankan tugas, semoga lelah sahabat-sahabat menjadi berkah. Tetap semangat dalam berkhidmah di organisasi,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru