• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Metropolis

KH Zainal Abidin Terpilih Jadi Ketua PCNU Sidoarjo, Ini Rencana Programnya

KH Zainal Abidin Terpilih Jadi Ketua PCNU Sidoarjo, Ini Rencana Programnya
KH Zainal Abidin, Ketua PCNU Sidoarjo terpilih masa khidmat 2021-2026. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).
KH Zainal Abidin, Ketua PCNU Sidoarjo terpilih masa khidmat 2021-2026. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Konferensi Cabang (Konfercab) XXI Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo yang digelar pada 28 November 2021 di Masjid KH Hasyim Asy’ari Sidoarjo  telah usai. Konfercab tersebut menetapkan KHR  Abd Salam Mujib sebagai Rais dan KH Zainal Abidin sebagai Ketua PCNU Sidoarjo masa khidmat 2021-2026.

 

Pada Ahad sore, Kiai Salam dipilih dalam sidang Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa) lima ulama. Sementara Kiai Zainal dipilih dalam pemilihan langsung dengan memperoleh 302 suara. Sedangkan sang petahana KH Maskhun mendapatkan 13 suara, dan kandidat lainnya yakni KH Khoiri mengantongi 68 suara serta H Sugiono sebanyak 14 suara.

 

Sebelumnya, Kiai Zainal menjabat sebagai Wakil Ketua PCNU Sidoarjo. Sementara Kiai Salam merupakan pengasuh Pesantren Al-Khoziny Buduran. Mereka berdua akan memimpin PCNU Sidoarjo selama lima tahun kedepan.

 

Usai terpilih, Kiai Zainal berkeinginan untuk bersilaturahim ke para kiai dan masyayikh yang ada di kawasan Kabupaten Sidoarjo. Baik yang sebelumnya masuk di dalam struktural  PCNU Sidoarjo maupun tidak.

 

“Karena bagaimana pun kami tidak bisa lepas dari peran para pengasuh pesantren. Setelah kita melakukan konsultasi ke para kiai, baru selanjutnya kita akan mencoba melakukan telaah terhadap kader-kader pilihan kita untuk dimasukkan ke dalam struktural pengurus harian di PCNU Sidoarjo,” tuturnya kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut, mantan Ketua KPU Sidoarjo tersebut menjelaskan, program dalam jangka pendek yang akan dilaksanakan oleh kepengurusan yang baru nantinya, di antaranya meneruskan dan menuntaskan pembangunan Masjid KH Hasyim Asy’ari Sidoarjo.

 

 

“Kemudian memaksimalkan pembuatan Kartanu, dan yang juga tidak kalah penting adalah memaksimalkan gerakan Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang sekarang mulai tumbuh di masing-masing ranting. Itu tetap akan kita support dan dorong untuk menjadi maksimal,” pungkasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru