• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Sambut Harlah NU Ke-99, Ansor Sidoarjo Gelar Festival Banjari Se-Jatim

Sambut Harlah NU Ke-99, Ansor Sidoarjo Gelar Festival Banjari Se-Jatim
Flyer Festival Banjari 2021 se-Jawa Timur yang digelar oleh PC GP Ansor Kabupaten Sidoarjo.(Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Flyer Festival Banjari 2021 se-Jawa Timur yang digelar oleh PC GP Ansor Kabupaten Sidoarjo.(Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sidoarjo akan menggelar Festival Banjari 2021 se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 17-19 Desember 2021 di Alun-alun Sidoarjo.

 

Ketua panitia pelaksana Festival Banjari dan Pasar Murah PC GP Ansor Sidoarjo H Rifkan Fanani mengatakan, Festival Banjari tersebut digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah sekaligus menyambut Hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-99.

 

“Tujuan diadakannya Festival Banjari ini untuk melestarikan kesenian Islam yang juga merupakan budaya bangsa, menjalin silaturahmi dan ukhuwah antar grup Banjari, serta menjalin kebersamaan dalam keberagaman,” katanya kepada NU Online Jatim, Rabu (01/12/2021).

 

Harapannya, festival tersebut bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan bakat dan potensi generasi muda Islam dalam berkarya dan berdakwah.

 

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan terkait teknis ketentuan bagi peserta Festival Banjari. Bahwa peserta dibuka untuk umum se-Jawa Timur. Selanjutnya, satu grup maksimal 10 orang, dan membawa alat Banjari sendiri (Banjari murni).

 

“Kemudian setiap peserta wajib membawakan satu jingle dan satu lagu bebas berbahasa Arab (nada dasar Banjari) dengan kata kunci jingle ‘Ansor Sidoarjo Mbois’. Adapun waktu penampilan setiap peserta adalah delapan menit,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, panitia telah menyiapkan banyak hadiah bagi para pemenang Festival Banjari. Dengan rincian, juara I akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta, juara II sebesar Rp2 juta, dan juara III sebesar Rp1 juta.

 

“Panitia juga akan memberikan hadiah uang tunai sebesar Rp500 ribu bagi Juara Harapan I, II, dan III. Selain itu, panitia juga memberikan tropi dan piagam untuk para juara. Sedangkan untuk Jingle Terbaik akan memperoleh hadiah uang tunai Rp300 ribu dan piagam, dan Vokal terbaik akan menerima hadiah uang tunai Rp200 ribu dan piagam,” imbuhnya.

 

Adapun pendaftaran Festival Banjari ini dibuka mulai tanggal 29 November hingga 10 Desember 2021 dengan biaya pendaftaran Rp150 ribu untuk setiap peserta. Info pendaftaran bisa menghubungi Shidqi di nomor handphone 0882-1721-3122.

 

Pihaknya menargetkan total 60 peserta dan hingga saat ini yang mendaftar sudah 22 grup. Lomba tersebut dilaksanakan sesuai jadwal dalam acara Pasar Murah di Alun-alun Sidoarjo pada 17-19 Desember mendatang.

 

“Nantinya setiap hari akan kita tampilkan 20 grup, sekali tampil langsung dinilai dan tanpa final,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru