• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Tapal Kuda

Ribuan Pelayat Antarkan Nyai Makkiyah As’ad ke Pemakaman

Ribuan Pelayat Antarkan Nyai Makkiyah As’ad ke Pemakaman
Ribuan Pelayat Antarkan Nyai Makkiyah As’ad putri KHR As'ad Syamsul Arifin ke Pemakaman. (Foto: NOJ/ M Fathurrahman P)
Ribuan Pelayat Antarkan Nyai Makkiyah As’ad putri KHR As'ad Syamsul Arifin ke Pemakaman. (Foto: NOJ/ M Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim
Jenazah Nyai Hj Makkiyah As'ad putri KHR As'ad Syamsul Arifin dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Rabu (17/08/2022) pagi. Kompleks pemakaman yang terletak di sebelah barat Masjid Jamik Ibrahimy Sukorejo itu dipenuhi ribuan pelayat.


Sebelumnya, jenazah Nyai Makkiyah As'ad yang merupakan ulama perempuan pengasuh 3 pesantren lintas pulau itu disemayamkan di rumah duka. Kemudian, pada pagi harinya dishalatkan di Masjid Jamik Ibrahimy.


Miftahul Alimin, salah seorang dosen Universitas Ibrahimy Sukorejo menerangkan, banyaknya pelayat yang mengiringi pemakaman Nyai Makkiyah As’ad merupakan pertanda bahwa bayak orang yang mencintai almarhumah.


"Banyaknya pelayat pada pagi ini menandakan bahwa almarhumah merupakan sosok yang dicintai banyak orang,” ungkapnya.


Sebab itu, lanjut Miftahul Alimin, wafatnya almarhumah menyisakan duka yang mendalam dan membuat banyak kalangan merasa sangat kehilangan.


Dirinya menuturkan, prosesi pemakaman Nyai Makkiyah As’ad dihadiri banyak tokoh dan ulama. Termasuk pula kalangan keluarga besar yang banyak menjadi pengasuh pondok pesantren di berbagai daerah.


"Tadi (ketika pemakaman) ada KHR Mohammad Kholil As'ad yang merupakan adik beliau. Ada pula KH Afifuddin Muhajir, dan pengasuh pesantren setempat KHR Ahmad Azaim Ibrahimy," terangnya.


Diketahui, prosesi pemakaman diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh KHR Mohammad Kholil As'ad, Pengasuh Pondok Pesantren Walisongo, Mimbaan, Panji, Situbondo.


Sebelumnya diberitakan, Nyai Makkiyah As’ad wafat pada Selasa (16/08/2022) sekira ba'da Maghrib menjelang Isya'. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui perihal penyebab wafatnya Nyai Makkiyah.


Tapal Kuda Terbaru