Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Safari Ramadlan, PCNU Banyuwangi Kuatkan Gerakan Sosial dan Ekonomi

Safari Ramadlan, PCNU Banyuwangi Kuatkan Gerakan Sosial dan Ekonomi
Safari Ramadlan PCNU Banyuwangi. (Foto: NOJ/Vina)
Safari Ramadlan PCNU Banyuwangi. (Foto: NOJ/Vina)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Ranting NU Karangrejo dipilih menjadi jujukan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi dalam giat safari Ramadlan. Malam itu kegiatan tahunan dipusatkan di Masjid al-Ikhlas, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi pada Rabu (21/04/2021).

 

Hadir secara langsung Ketua PCNU Banyuwangi H Ali Makki Zaini beserta jajaran, Rais Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Banyuwangi KH Ahmad Shiddiq beserta jajaran, Ketua MWCNU Banyuwangi H Akhmad Musollin beserta jajaran lembaga dan badan otonom, serta segenap nahdliyin di Kelurahan Karangrejo.

 

Di hadapan hadirin, H Ali Makki Zaini menegaskan pentingnya seluruh pengurus NU untuk sambung silaturahmi di forum non formal, seperti ngopi bersama.

 

"Pasalnya dengan intensitas ngopi bersama yang tinggi seluruh program kerja yang telah direncanakan akan dapat berjalan maksimal. Forum tersebut dapat menyamakan frekuensi pemikiran dan gerakan pengurus masing-masing," katanya.

 

Hal tersebut sangat penting untuk mendongkrak kegiatan sosial dan ekonomi di lingkungan NU.

 

"Jalur gerakan sosial dan ekonomi di lingkungan NU perlu ditingkatkan. Soal gerakan ritual keagamaan NU sudah berada di paling depan," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, Parijatah Kulon, Srono, Banyuwangi itu.

 

Dia mengungkapkan, gerakan sosial yang ada di Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) bisa diaktulisasikan secara total. Juga dalam bidang garap perekonomian yang secara langsung menyentuh peranan masyarakat.

 

"Saya melihat NU di Kecamatan Banyuwangi ini sebagai etalase NU di Banyuwangi. Sebab itu gerakannya harus mampu mengimbangi perihal dan potensi masyarakat," ungkapnya.

 

Selain itu, Gus Makki juga memohon doa dari hadirin atas rencana pendirian Rumah Sakit NU oleh PCNU Banyuwangi.

 

"Demikian sebagai laporan PCNU Banyuwangi akan mendirikan Rumah Sakit NU di tengah kota. Mohon doa dan dukungannya kepada nahdliyin yang hadir," ucap Gus Makki menutup sambutannya.

 

H Akhmad Musollin menyampaikan apresiasi hadirnya PCNU Banyuwangi malam itu. Kehadiran pengurus cabang selalu memberikan suntikan semangat dan motivasi baru kepada pengurus NU, lembaga, dan badan otonom di wilayah kerja kecamatan.

 

"Luar biasa sekali gebrakan dan gerakan PCNU hari ini. Kami siap mendukung dan berkolaborasi bersama gerakan dan program PCNU Banyuwangi. Terutama mengenai pembangunan Rumah Sakit NU," terang Musollin sapaan karibnya.

 

Hal yang sama juga disampaikan langsung oleh Rais Pengurus Ranting NU Karangrejo, M Samsul Huda. Dirinya menilai kepercayaan pengurus MWCNU Kecamatan Banyuwangi menempatkan safari Ramadlan PCNU Banyuwangi tahun ini adalah bentuk apresiasi pengurus.

 

"Kita selalu pro aktif dan siap menyambut kerjasama program pengurus NU di tingkat cabang ataupun kecamatan. Terakhir pengurus ranting membangun kantor sekretariat bersama dengan luas lahan 2.000 m²," jelas Huda.

 

Semua pelepasan lahan menelan biaya Rp 2,4 miliar. Sudah terkumpul Rp 450 juta dari sejumlah dermawan yang terlibat.

 

"Terimakasih banyak kepada para pewakif. Monggo kepada para dermawan bisa turut membantu dengan harga wakaf 1 m² sebesar Rp 1,2," pungkas Huda.

 

Editor: Risma Savhira

Terkait

Tapal Kuda Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini