• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Tapal Kuda

Sejumlah Kiai Semarakkan Genggong Bike Friday

Sejumlah Kiai Semarakkan Genggong Bike Friday
Sejumlah Kiai saat mengikuti Genggong Bike Friday, Jum'at (04/06/2021). (Foto: Istimewa).
Sejumlah Kiai saat mengikuti Genggong Bike Friday, Jum'at (04/06/2021). (Foto: Istimewa).

Probolinggo, NU Online Jatim

Pembukaan Genggong Bike Friday (GBF) berlangsung meriah. Kegiatan rutin yang diikuti oleh keluarga besar, ustadz, hingga simpatisan di lingkungan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo tersebut diaktifkan kembali setelah pada Bulan Ramadlan dan Syawal diliburkan.

 

Pembukaan sendiri bertepatan dengan peringatan Hari Sepeda Sedunia, Jum’at (04/06/2021). Kegiatan ini rutin digelar setiap Jumat pekan kedua setiap bulan.

 

Ketua Genggong Bike Friday, Ustadz Wafi Harist mengatakan, GBF digelar untuk menyegarkan kembali semangat bersepeda ke tempat kerja (bike to work). Terutama untuk ustadz dan guru di lingkungan pesantren asuhan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah.

 

"Selain itu, untuk memberikan semangat untuk tetap bergerak, tetap beriktiar sehat, dan berolahraga sambil bersilaturahim, terutama di masa pandemi ini,” ujarnya dilansir timesindonesia.co.id.

 

Lebih lanjut, pihaknya juga menjelaskan, kegiatan ini sekaligus memperingati haul almaghfurlah KH Moh Hasan bin Syamsuddin bin Qoiduddin (KH Moh Hasan Genggong, Red), yang merupakan khalifah kedua Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong.

 

“Bahkan, beliau juga termasuk salah satu Muassis Nahdlatul Ulama atau NU,” ungkapnya.

 

Genggong Bike Friday tersebut mulai start dari Pesantren Genggong, dan berakhir Pesantren Roudhatul Hasan, Maron. Peserta mengayuh sepeda dengan jarak tempuh sekitar 17 kilometer. Di garis finish, ada pembagian doorprize bagi peserta.

 

Dari pihak keluarga, di antaranya ada Gus Moh Haris Damanhuri ikut serta dalam GBF ini. Turut mengikuti pula, Mahdi dan Hasan Irsyad, yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim dari PPP dan Golkar. Serta Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Probolinggo, Oka Mahendra Jatikusuma.


Tapal Kuda Terbaru