• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Tapal Kuda

Perlebar Sayap, Pelajar NU Probolinggo Bentuk Kepengurusan di Daerah Minoritas

Perlebar Sayap, Pelajar NU Probolinggo Bentuk Kepengurusan di Daerah Minoritas
Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

Probolinggo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Probolinggo kembali menorehkan sejarah manis.

 

Pasalnya, Ahad (30/05/2021) berhasil membentuk dan mengaktifkan kembali Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Sumber yang sempat vakum beberapa dekade.

 

Ketua PC IPNU Kabupaten Probolinggo, M Saiful Rijal menyebutkan, kendala dan hambatannya karena Kecamatan Sumber merupakan daerah dengan penduduk minoritas Muslim. Sehingga lumayan susah mencari kader yang siap berkhidmat.

 

Tidak hanya itu, menurut pengakuan Saiful Rijal, hal lain yang menjadi kendala karena Kecamatan Sumber merupakan daerah dataran tinggi. Sehingga akses menuju daerah setempat cukup sulit.

 

"Alhamdulillah, meski banyak rintangan yang menghadang, PAC IPNU-IPPNU Sumber bisa kita bentuk kembali. Terima kasih tak terhingga kepada Ketua MWCNU dan semua pihak yang mendukung,” ujarnya.

 

Dirinya menyebutkan, hal ini merupakan ikhtiar untuk melebarkan sayap kepengurusan serta mengenalkan pelajar setempat terkait NU dan IPNU-IPPNU. “Selain itu, untuk membekali mereka tradisi amaliyah NU yang di mulai sejak dini,” tuturnya.

 

Senada dengan hal itu, Ketua PC IPPNU Kabupaten Probolinggo, Siti Hanifah Parawansah merasa senang atas terbentuk PAC Kecamatan Sumber tersebut. Ia berharap, kepengurusan yang telah terbentuk, dapat menjadi penerus tongkat estafet kepemimpinan NU di masa depan.

 

"Pelajar masa kini adalah NU di masa depan. Di mana ia akan melanjutkan estafet kepengurusan di GP Ansor atau Fatayat NU, hingga akhirnya berkhidmat jadi pengurus NU atau Muslimat NU di masa yang akan datang," urai Hanifah.

 

Sementara itu, Ketua terpilih PAC IPNU Sumber, Misbahul Munir mengatakan, program awal yang akan segera dilaksanakan kepengurusannya ialah proses kaderisasi. Yaitu dengan melaksanakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) serta pelantikan pengurus.

 

"Kami mengharap doa dan dukungan kepada Pimpinan Cabang, MWCNU serta banom NU yang lain di Kecamatan Sumber, agar apa yang menjadi harapan dan cita-cita bersama dapat tercapai,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru