• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 6 Februari 2023

Tapal Kuda

Hari Lahir Pancasila, Ansor di Probolinggo Peringati dengan Ziarah 9 Tokoh NU

Hari Lahir Pancasila, Ansor di Probolinggo Peringati dengan Ziarah 9 Tokoh NU
Ziarah kubur yang dilakukan PAC GP Ansor Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Selasa (01/06/2021). (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Ziarah kubur yang dilakukan PAC GP Ansor Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Selasa (01/06/2021). (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo melaksanakan ziarah kubur sembilan tokoh NU di wilayah kecamatan tersebut, Selasa (01/06/2021). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

 

Agenda dengan perjalanan menggunakan sepeda motor ini diikuti 67 orang pengurus serta kader Ansor dan Banser se Kecamatan Sumberasih.

 

Adapun rombongan ziarah ini mendatangi makam Mbah Tambak, Mbah Gledek, Mbah Anten, dan Kiai Gede yang ada di Desa Banjarsari. Selain itu rombongan juga ziarah di makam Mbah Rancang di Desa Lemah Kembar.

 

Kemudian ada juga almarhum Habibullah Maksum, Bujuk Karang Panas, Kiai Kedangsari, Muneng, Kiai Barizi dan Kiai Muhdar yang ada di Laweyan.

 

Melaksanakan ziarah di momentum Hari Lahir Pancasila diharapkan bisa mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

 

"Salah satu tujuan kegiatan ini adalah bisa menumbuhkan semangat berorganisasi dalam berkhidmat di Ansor dan Banser," kata Abdul Ghofur, Ketua PAC GP Ansor Sumberasih.

 

Abdul Ghofur juga mengutip petuah dari Hadratussyeikh KH Hasyim Asy'ari bahwa mencintai tanah air adalah bagian dari iman.

 

 

"Semoga dengan momentum kali ini, tidak berlarut dalam seremonial semata saja. Melainkan Ansor dan Banser Kecamatan Sumberasih bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru