• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Syekh Nawawi Al-Bantani Ulama yang Massifkan Aswaja di Indonesia

Syekh Nawawi Al-Bantani Ulama yang Massifkan Aswaja di Indonesia
KH Zulfa Mustofa, Wakil Ketua Umum PBNU. (Foto: NOJ/Faisol)
KH Zulfa Mustofa, Wakil Ketua Umum PBNU. (Foto: NOJ/Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Wakil Ketua Umum (Waketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zulfa Mustofa mengatakan bahwasanya Syekh Nawawi Al-Bantani merupakan ulama yang memasifkan ajaran Ahlussunah wal Jamaa'ah (Aswaja) di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan 23 kitab karangannya digunakan di pesantren seluruh Indonesia.

 

"Salah satu kitab yang dikaji di pondok pesantren adalah Safinatun Najah Sullam al-Munajah, Nihayah al-Zain, Nashaihul Ibad dan lain sebagainya," ujarnya dalam acara acara Ikatan Alumni Santri Salafiyah (IKSAS) dan Himpunan Alumni Santri Bayt Al-Hikmah (Himmah) di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Selasa (04/10/2022).

 

Menurutnya, 23 kitab karangan Syekh Nawawi dikaji rutin baik di tingkatan ula sampai ulya. Sehingga, banyak santri yang mengenalnya melalui kitab-kitab tersebut.

 

"Sebenarnya kitab Syekh Nawawi ada ratusan, namun yang dicetak dan dipelajari hanya beberapa karena banyak kitab yang hilang dan belum ditemukan," terangnya.

 

Di sisi lain Kiai Zulfa mengatakan, semua murid Syekh Nawawi pasti alim. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya sekolah, madrasah dan pondok pesantren yang ada di seluruh Indonesia.

 

"Di antara murid-murid Syekh Nawawi adalah Syeh Mahfud At Termasi, Syekh Kholil al-Bangkalani, Syekh Tubagus Ahmad Bakri as-Sampuri dan masih banyak lagi," katanya.

 

Tidak hanya mendirikan madrasah, Syekh Nawawi termasuk marcusuar penulis meskipun dirinya bukan penulis hebat, namun murid-muridnya menjadi penulis yang hebat.

 

"Cara beliau mengajari santrinya menulis adalah menyuruh santrinya mentashih tulisannya," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru