• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Tapal Kuda

Cegah Paham Radikal, PCNU Situbondo Launching Buku Aswaja

Cegah Paham Radikal, PCNU Situbondo Launching Buku Aswaja
Prof Abu Yasid (tengah) saat menjelaskan isi buku 'Prinsip Moderat & Paham Keagamaan Aswaja' di Aula PCNU Situbondo (Foto: NOJ/MFaturrahman)
Prof Abu Yasid (tengah) saat menjelaskan isi buku 'Prinsip Moderat & Paham Keagamaan Aswaja' di Aula PCNU Situbondo (Foto: NOJ/MFaturrahman)

Situbondo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo melaksanakan peluncuran dan bedah buku 'Prinsip Moderat & Paham Keagamaan Aswaja' karya dari Prof Dr KH Abu Yasid, Wakil Rais PCNU Situbondo. Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad (21/08/2022) bertempat di Aula Barokah Lantai 2 kantor PCNU setempat.

 

Miftahul Alimin selaku ketua panitia kegiatan tersebut menyampaikan bahwa buku ini merupakan terobosan baru dari PCNU Situbondo untuk penguatan akidah Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja).

 

"Dengan adanya peluncuran buku ini, menandakan bahwa PCNU Situbondo telah membuat terobosan baru serta keseriusan dalam menjaga Aswaja di Situbondo pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya," katanya.

 

Di tempat yang sama, KH Muhyiddin Khatib Ketua PCNU setempat mengatakan PCNU Situbondo akan selalu berinovasi untuk menjaga Aswaja dengan berbagai metode.

 

"Akan ada banyak hal yang akan dilakukan dengan tujuan menjaga Aswaja agar tetap kokoh, kami juga sudah membentuk Aswaja Center yang juga sempat mengeluarkan buku dalil amaliah Aswaja. Ada juga kajian Aswaja rutin di YouTube PCNU dan masih banyak lagi yang sudah kami buat dan akan terus kami kembangkan," ujar kiai Muhyiddin saat di mintai keterangan oleh NU Online Jatim.

 

Sementara itu, sang penulis buku, Prof Abu Yasid menjelaskan bahwa buku ini ditulis atas keperihatinan dirinya terhadap Aswaja yang mulai diserang oleh paham radikal.

 

" Buku ini saya tulis berangkat dari kegelisahan saya dan juga jajaran PCNU Situbondo terhadap semakin maraknya ajaran radikal yang menyimpang dari akidah kita," terangnya.

 

Ia juga menambahkan bahwa buku ini mengupas tuntas akidah Aswaja dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh khalayak umum.

 

"Mengapa sampai dua jilid buku? Karena ini mengupas tuntas bagaimana prinsip moderat dan paham akidah Aswaja dalam keseharian. Tentunya dengan gaya bahasa yang mudah untuk dipahami semua orang," imbuhnya.


Tapal Kuda Terbaru