• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Hari Sarjana, ISNU Harus Warnai NKRI dengan Ajaran Aswaja

Hari Sarjana, ISNU Harus Warnai NKRI dengan Ajaran Aswaja
Rapat Kordinasi PC ISNU Kabupaten Pasuruan dan dialog interaktif. (Foto: NOJ/Mokh Faisol
Rapat Kordinasi PC ISNU Kabupaten Pasuruan dan dialog interaktif. (Foto: NOJ/Mokh Faisol

Pasuruan, NU Online Jatim

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Pasuruan Ahmad Adib Muhdi mengatakan, generasi muda saat ini kurang tertarik berpolitik padahal, politik dapat menentukan warna dan arah bangsa Indonesia.

 

Hal itu diungkapkan pada saat Rapat Koordinasi dan dialog interaktif dengan tema 'Kiprah Sarjana NU Dalam Kancah Politik Nasional' di Gedung Anisah Fondation, Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, Rabu (28/09/2022).

 

"Jika anak muda zaman sekarang ditanya setelah lulus SMA, MA bahkan S1 mau kemana, rata rata jawaban mereka menekuni dunia kerja profesional, tidak ada yang menjawab saya ingin terjun ke partai politik," ujarnya.

 

Menurutnya, minimnya wawasan tentang ilmu politik membuat anak anak tidak minat dunia politik. Padahal dengan berpolitik kita bisa mewarnai negara ini. Jika kita tidak aktif di dunia politik maka, orang lain yang akan mewarnai negara ini.

 

"Jika kita yang pro aktif di dunia politik maka kita akan mewarnai negara ini," imbuhnya.

 

Di samping itu, dosen Institut Teknologi Sains Nahdlatul Ulama ITSNU Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Shalahuddin berharap ISNU bisa pro aktif khususnya untuk progam program beasiswa pascasarjana yang dilakukan pemerintah.

 

"Jika ISNU pro aktif dalam program program beasiswa pemerintah Insyaallah kita akan mendapatkan ruang untuk melanjutkan belajar,"harapannya.

 

Sementara Hj Anisa Syakur, Anggota DPR RI mengungkapkan, salah satu kiprah ISNU saat ini adalah mewarnai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan ajaran-ajaran Ahlussunah Wal Jamaa'ah (Aswaja).

 

"Untuk mewarnai NKRI dengan ajaran Aswaja, ISNU harus terus maju, berjuang dan berkarya agar pemikiran pemikiran sarjana NU bisa diterima oleh masyarakat," ungkapnya.

 

Lebih lanjut, kader Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pasuruan menegaskan, untuk meningkatkan kualitas kader ISNU harus mampu melanjutkan studinya hingga S3.

 

"Jika ada anak didik yang ingin melanjutkan kuliah ke S2 atau S3 silahkan didaftarkan, karena saat ini banyak beasiswa pascasarjana dalam negeri maupun luar negeri untuk semua kalangan," terangnya.


Tapal Kuda Terbaru