• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Metropolis

Subiantoro, Purnawirawan Polisi Memilih Jadi Anggota Banser

Subiantoro, Purnawirawan Polisi Memilih Jadi Anggota Banser
Subiantoro (64 Tahun) saat bertugas menjadi Banser (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)
Subiantoro (64 Tahun) saat bertugas menjadi Banser (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Subiantoro, pria berusia 64 tahun ini merupakan purnawirawan Polri sejak tahun 2013. Pangkat sebelumnya Brigadir yang bertugas di Polsek Wonocolo Surabaya. Usai purna, memilih menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Desa Ketegan,Tanggulangin, Sidoarjo sejak awal 2022.


Bapak 4 anak tersebut menjelaskan bahwa pilihannya bukan tanpa alasan. Ia ingin tetap mengabdi di masyarakat meski tidak lagi menjadi abdi negara.


"Saya ingin tetap mengabdi setelah menjadi abdi negara. Jiwa abdi negara yang selama ini melekat mengantarkan saya untuk memilih menjadi anggota Banser agar dapat tetap melayani masyarakat. Hal ini adalah pilihan pengabdian saya pribadi di usia yang sudah senja ini," katanya kepada NU Online Jatim, Kamis (28/04/2022).


Subiantoro menyebutkan bahwa Banser adalah organisasi semi otonom dari Badan Otonom (Banom) NU Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Menurutnya, Banser selama ini berada di garda terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta kerukunan antarumat beragama.


Ia mengaku sudah sejak lama melihat sepak terjang GP Ansor dan Banser semenjak menjadi anggota Polri. Sejak saat itu melihat bahwa pendidikan bela negara yang didapat di Polri harus tetap dilanjutkan dengan mengabdi di Banser. Juga bonusnya juga dapat mengabdi terhadap umat dan agama.


"Sejak menjadi anggota Polri, saya mengikuti betul GP Ansor dan Banser selalu konsisten menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Saya juga banyak diajari tentang bela negara. Maka untuk menjaga dan meneruskan hal tersebut, saya ingin menerapkannya dengan menjadi anggota Banser saat ini," tandasnya.


Pria yang berdomisili di Desa Ketegan tersebut mengungkapkan rasa bangganya karena dirinya dapat diterima dengan baik sejak bergabung menjadi anggota Banser. Ia merasa menjadi orang pilihan yang diberi kesempatan mengabdi di masyarakat dengan menjadi anggota Banser. Dirinya berharap dapat berkontribusi dalam tugasnya menjadi abdi negara serta agama.


“Saya merasa sangat senang dan bangga dalam mengemban amanah menjadi anggota Banser. Saya juga siap apabila tahun depan berkesempatan untuk mengikuti Diklatsar Banser,” tegasnya.


Sementara itu, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Tanggulangin, Bisri Mustofa sangat mengapresiasi bergabungnya Subiantoro menjadi anggota Banser. Ia mengemukakan bahwa hal tersebut dapat menjadi motivasi anggota yang lain untuk selalu mengabdi kepada negara dan agama.


"Hal ini dapat menjadi cambuk semangat kami yang muda untuk selalu semangat dalam mengabdi kepada negara dan agama melalui organisasi kepemudaan NU yaitu GP Ansor dan juga Banser," ungkapnya.


Editor:

Metropolis Terbaru