• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Tapal Kuda

Harlah Ansor, Kasatkorwil Banser Jatim Ingatkan 4 Hal Ini

Harlah Ansor, Kasatkorwil Banser Jatim Ingatkan 4 Hal Ini
Kasatkorwil Banser Jatim H M Irsyad Yusuf. (Foto: Istimewa)
Kasatkorwil Banser Jatim H M Irsyad Yusuf. (Foto: Istimewa)

Pasuruan, NU Online Jatim

Kepala Satuan Kordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Timur H M Irsyad Yusuf mengingatkan empat hal yang harus dipegang teguh kader Ansor memasuki usia organisasi yang sudah 88 tahun.


Menurut Bupati Pasuruan itu, pertama, indikator berjalannya roda organisasi adalah komunikasi yang baik antara Pimpinan Cabang (PC), Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Ranting (PR).


"Jika komunikasi bisa berjalan dengan baik apa pun bentuk kegiatannya akan berjalan dengan baik," katanya disela-sela acara di Aula Gedung Segoropuro Pendopo Kabupaten Pasuruan, Sabtu (23/04/2022).


Kedua, lanjut Gus Irsyad, jika mempunyai niat berkhidmat maka akan mudah melayani dan mengayomi masyarakat khusunya di desa masing-masing.


"Mari kita tata niat kita untuk istiqomah melayani masyarakat, dan bisa membentengi progam-program Nahdlatul Ulama, sehingga bisa melanjutkan perjuangan-perjuangan para ulama," ujarnya.​​​​​​​


Ketiga adalah mengoptimalkan jenjang pengkaderan guna menyiapkan kader-kader NU untuk membentengi ulama, sehingga tidak keluar dari ajaran Ahlussunah wal Jamaah.


"GP Ansor adalah organisasi pengkaderan, oleh karena itu kita harus menyiapkan kader untuk melanjutkan estafet kepengurusan khusus di Nahdlatul ulama," ungkapnya.


Menurutnya, dalam pengkaderan harus waspada agar Ansor tidak disusupi oleh kelompok yang ingin merusak Nahdlatul Ulama.


"Kita boleh bangga dengan kegiatan-kegiatan Ansor yang besar, disisi lain kita harus peka agar tidak disusupi oleh kelompok-kelompok yang ingin merusak Nahdlatul Ulama," tegasnya.


Keempat adalah satu barisan dalam pergerakan atau soliditas harus dijaga dengan baik. Jika satu barisan, semua tantangan yang terjadi akan menjadi ringan karena dalam satu barisan ada komunikasi yang baik.


"Dimana pun kalian berada, tetaplah satu barisan untuk mengawal program program NU dan mengawal ulama," tandasnya.​​​​​​​


Kontribusi massif di masyarakat

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kota Probolinggo Abdul Mujib berharap kader di organisasinya semakin mampu memberikan kontribusi massif di masyarakat.


"Harapan saya Ansor Kota Probolinggo dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat dan pemerintah," katanya kepada NU Online Jatim, Ahad (24/04/2022).


Ia menyampaikan, Ansor akan begerak untuk kebaikan amar ma'ruf nahi mungkar kapan pun, dimana pun dan tanpa pamrih, sesuai dengan tema Hari Lahir (Harlah) kali ini, berhikmat tanpa batas.


"Kita terus menjaga kerukunan dan bahu membahu menjaga NKRI, serta peka terhadap perkembangan di lingkungan," ucapnya.


Menurut Mujib, semua ini sesuai dengan tujuan Ansor untuk tetap menjaga kondusifitas lingkungan. Selain itu, membentengi masyarakat dari faham radikal, baik ekstrim kanan atau ekstrim kiri. Serta membekali Sumber Daya Manusia para pengurus Ansor untuk siap menatap masa depan dengan tantangan yang begitu nyata.


Disamping itu, ia juga menyampaikan pesan kepada para kader atau pemuda, bahwa hidup itu untuk mengabdi. Baik kepada agama, bangsa dan Negara. "Kita adalah pemuda yang menjadi harapan di masa akan datang," tegasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru