• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Malang Raya

Sebelum Mudik, Santri Mukim MAN Batu Dibekali Pengenalan Ilmu Falak

Sebelum Mudik, Santri Mukim MAN Batu Dibekali Pengenalan Ilmu Falak
Pengenalan Ilmu Falak kepada santri Ma’had Al-Ulya MAN Kota Batu oleh tim PC LFNU Batu. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Pengenalan Ilmu Falak kepada santri Ma’had Al-Ulya MAN Kota Batu oleh tim PC LFNU Batu. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)

Batu, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kota Batu menjadi pemateri dalam Pengenalan Metode Rukyah dan Hisab di Masjid Ihya Ulumuddin MAN Kota Batu pada Jumat (22/04/2022) petang. Acara ini merupakan penutupan Pesantren Ramadhan bagi santri yang mukim di Ma’had Al-Ulya MAN Kota Batu sebelum mudik pada keesokan harinya.


Ketua PC LFNU Kota Batu, Ali Murtadlo menuturkan, tujuan dari acara tersebut adalah memberi bekal kepada para santri sebagai tambahan pengetahuan. Terlebih saat ini ilmu falak sudah mulai asing bagi masyarakat umum. Acara semacam ini juga merupakan yang pertama bagi para santri.


"Minimal ketika santri mudik mereka mampu memberikan wawasan kepada warga lingkungan sekitarnya terkait info awal bulan hijriyah, khususnya bulan Syawal tahun ini yang diperkirakan Hari Raya Idul Fitrinya berjalan serempak tanpa ada perbedaan menurut hasil perhitungan," paparnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (23/04/2022).


Sejumlah materi mengenai pengenalan dasar hisab rukyah disampaikan dalam kesempatan tersebut. Di antaranya adalah sistem perhitungan dalam ilmu falak (hisab), kriteria-kriterianya, juga kegunaannya.


Materi tersebut dikemas oleh tim dari PC LFNU yang terdiri dari Ustadz Ali Muchsin Wakil Ketua PC LFNU, Ustadz M Nursalim Sekretaris PC LFNU, serta Ustadz Rudianto dan Khoirul Hanam sebagai tim ahli.


Melihat antusiasme santri yang sangat baik, pihaknya memberikan penawaran kepada kepala sekolah agar diadakan pembelajaran ilmu falak di luar jam sekolah. Tawaran tersebut mendapat respons yang positif.


"Alhamdulillah responsnya anak-anak sangat baik. Meskipun agak sedikit mumet tapi semua tetap bersemangat. Meskipun baru pertama kali, saya tetap menghimbau agar anak-anak tetap semangat untuk mempelajari ilmu falak, dan kami siap untuk mengkadernya," pungkas Ali.


Editor:

Malang Raya Terbaru