• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

LFNU Pasuruan Adakan Pelatihan Operasi Alat Rukyat

LFNU Pasuruan Adakan Pelatihan Operasi Alat Rukyat
Pelatihan pengoperasian alat rukyat oleh LFNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Pelatihan pengoperasian alat rukyat oleh LFNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Pasuruan mengadakan pelatihan pengoperasian alat rukyat kepada anggota baru pada Ahad (09/01/2022). Kegiatan dipusatkan di Pondok Pesantren Raudlatul 'Ulum Besuk, Desa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan.

 

Ketua LFNU Kabupaten Pasuruan, Mochammad Hasan mengatakan, pelatihan tersebut merupakan wujud dari pelaksanaan kebijakan-kebijakan NU dalam ranah falakiyah. Yakni mengenai ilmu astronomi yang ditujukan untuk pelaksanaan ibadah umat Islam.

 

"Dikarenakan banyak anggota baru di LFNU Kabupaten Pasuruan ini, sehingga kami merasa perlu untuk memastikan jika mereka mampu dan mengerti terkait teknik peletakan, pemasangan, dan pembongkaran alat tersebut," jelasnya. 

 

Lebih lanjut, dengan pelatihan tersebut Gus Hasan bertekad menjadikan anggotanya mahir dalam pengoperasian teropong bintang. Menurutnya, pelatihan tersebut nantinya akan diterapkan secara langsung untuk turut memastikan dan menentukan datangnya bulan Ramadhan tahun ini. 

 

“Karena dulu, di pondok tidak ada pelatihan semacam ini disebabkan keterbatasan alat dan sebagainya. Tapi sekarang zaman dan teknologi sudah maju, sehingga bisa lebih mudah dilakukan," terangnya.

 

Pada tahap pertama, pelatihan tersebut berupa pengenalan alat rukyat secara sederhana. Untuk itu, pihaknya menyadari jika perlu memberikan pengalaman dan pelatihan yang lebih komprehensif kepada anggota untuk pemberdayaan secara maksimal.

 

"Semoga kami dapat merukyat di akhir bulan Sya'ban untuk memulai bulan Ramadhan dan mengetahui akhir bulan puasa untuk memulai bulan Syawal," pungkas Gus Hasan.


Tapal Kuda Terbaru