• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Madura

Beragam Kegiatan Meriahkan Harlah ke-99 NU di Sumenep

Beragam Kegiatan Meriahkan Harlah ke-99 NU di Sumenep
Ketua PCNU Sumenep, KH A Pandji Taufiq (memegang mik) mewajibkan pengurus NU untuk menyelenggarakan harlah. (Foto: NOJ/Firdausi)
Ketua PCNU Sumenep, KH A Pandji Taufiq (memegang mik) mewajibkan pengurus NU untuk menyelenggarakan harlah. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim
Tanggal 16 Rajab 1443 hijriyah merupakan hari lahir atau harlah ke-99 Nahdlatul Ulama. Untuk mensakralkannya, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, KH A Pandji Taufiq mewajibkan kepada seluruh pengurus NU di kawasan setempat untuk menyelenggarakan harlah tersebut.
 

“Mari kita rayakan harlah ini dari tingkat cabang, Mejelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama atau MWCNU, Pengurus Ranting NU, lembaga, badan otonom, bahkan dilaksanakan oleh pesantren, lembaga pendidikan, takmir masjid atau pun mushala,” katanya di acara bahtsul masail tingkat cabang di Pondok Pesantren Nurul Jadid Dusun Duwe’ Bunter, Desa Padangdangan, Pasongsongan, Sumenep, Ahad (09/01/2022).
 

Tujuannya adalah agar warga NU mensyukuri bahwa para muassis dan ulama salafus shalih bisa merintis organisasi terbesar se dunia. Berdasarkan hasil survey, lanjutnya, lebih dari 100 juta warga NU yang tersebar di 190 negara di seluruh dunia.
 

“Ini yang semestinya disyukuri. Karena peran NU tak jemu-jemu mengajak kebaikan dengan cara NU. Pasalnya, banyak orang mengajak kebaikan dengan cara baik. Namun tidak dilakukan dengan cara yang baik,” sergahnya.
 

Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk itu mengutarakan, Harlah NU dikemas sebagaimana kebutuhan yang ada. Misalnya, masjid menggelar yasinan, dan sejenisnya.
 

“Jangan sampai struktur NU tidak memperingatinya. Jika demikian, berarti tidak mensyukurinya. Oleh karenanya, kami mendorong agar Harlah NU hadir di desa-desa sebagaimana tertuang dalam hasil Konferensi Cabang (Konfercab) tahun lalu,” ungkapnya.
 

Rentetan Acara Harlah NU Sumenep
Di komisi tanfidziyah, Wakil Ketua PCNU Sumenep, Kiai Abd Wasid menyampaikan beberapa rentetan acara Harlah NU ke-99. 
 

1. Pembukaan Rajabiyah dan Harlah NU di Masjid Jamik Sumenep, Rabu (01/02/2022) yang dikemas dengan khatmil Qur’an oleh Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQH NU) dan Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU).
 

2. Tanggal 09-15 Februari 2022, kegiatan serentak di tingkat ranting NU se-Sumenep. 
 

3. Hari Rabu (16/02/2022) malam kegiatan serentak di tingkat MWCNU se-Sumenep; 
 

4. Tanggal 19-20 Februari 2022, kegiatan serentak di tingkat banom NU se-Sumenep; 
 

5. Ahad (20/02/2022), ziarah muassis NU dengan konsep kirab sepeda motor Ansor, Banser, CBP start Pondok Pesantren Annuqayah, KH Abi Syuja', KH Ali Wafa dan finish di kediaman KH Thaifur Ali Wafa
 

6. Rabu (23/02/2022) kegiatan serentak di PCNU Kabupaten Sumenep yang dikemas yasinan,
tahlilan, tausiyah ke-NU-an.
 

Mantan Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep itu berharap agar seluruh lembaga di lingkungan PCNU untuk melaksanakan kegiatan.
 

“Sudah ada beberapa lembaga yang menyatakan siap untuk menyelenggarakan kegiatan,” pungkasnya.


Editor:

Madura Terbaru