• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

Jelang Ramadlan, LFNU Situbondo Adakan Pelatihan Hisab-Rukyat

Jelang Ramadlan, LFNU Situbondo Adakan Pelatihan Hisab-Rukyat
Pelatihan hisab dan rukyat oleh LFNU Situbondo. (Foto: NOJ/Muhammad Fathurrahman Pratama)
Pelatihan hisab dan rukyat oleh LFNU Situbondo. (Foto: NOJ/Muhammad Fathurrahman Pratama)

Situbondo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Situbondo menyelenggarakan pelatihan hisab dan rukyat angkatan pertama dengan tema Mencetak Kader Falakiyah yang Kompeten di Aula Barokah gedung PCNU setempat, Ahad (20/03/2022).


Hadir sebagai narasumber dalam acara itu, Bashori Alwi dan Irpan Hilmi, pakar Ilmu Falak dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Kabupaten Probolinggo, dan Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo.


Kaspon Anwar, Ketua LFNU Situbondo, mengatakan bahwa pelatihan hisab dan rukyat diselenggarakan berdasar pada program kerja lembaga yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan ilmu hisab dan rukyat dalam penentuan waktu shalat, arah kiblat dan penetuan hilal Ramadlan dan Syawal.


"Pelatihan hisab dan rukyat angkatan pertama ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan ilmu hisab dan rukyat serta penentuan waktu shalat yang diikuti perwakilan pengurus NU, mulai cabang hingga MWC. Hal ini untuk lebih mudah menyampaikan kepada masyaratakat perihal kepentingan hisab," katanya.


"Dari pelatihan ini saya berharap untuk selanjutnya banyak kader yang cukup mumpuni di PCNU dan MWC berkaitan ilmu hisab dan rukyat. Mengingat Ilmu Falak merupakan ilmu yang cukup langka. Bahkan dari kalangan pesantren pun sangat minim yang berkonsentrasi pada Ilmu Falak," imbuhnya.


KH Hambali, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Situbondo, berharap kegiatan pelatihan hisab dan rukyat angkatan pertama tersebut dapat berguna bagi masyarakat.


​​​​​​​"Mudah-mudahan acara ini dapat memberikan kebaikan atau maslahat untuk masyarakat dalam hal rukyat dan kita semua bisa menjadi orang yang dapat melakukan sedikit kebaikan tapi pahalanya banyak. Semisal belajar mengenai jadwal imsakiyah, maka bermanfaat untuk umat Islam dalam puasa Ramadlan," ujarnya.


Tapal Kuda Terbaru