• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Metropolis

Kembangkan Ilmu Falak, UIN Makassar-LFNU Gresik Kerja Sama

Kembangkan Ilmu Falak, UIN Makassar-LFNU Gresik Kerja Sama
Penandatanganan kerja sama UIN Alauddin Makassar dengan LFNU Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Penandatanganan kerja sama UIN Alauddin Makassar dengan LFNU Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Fakultas Ilmu Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menandatangani nota kesepahaman dengan Lembaga Falakiyah (LF) PCNU Gresik di Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Rabu malam (09/03/22). Kerja sama dilakukan terkait pengembangan Ilmu Falak.


Hadir pada penandatanganan kerja sama, di antaranya, Muhammad Saleh Ridwan, Wakil Dekan III FSH UIN Alauddin, dan Muchyiddin Hasan selaku Ketua LFNU Gresik dan sekretarisnya, Anggar Purwancara. KH Abdul Muid Zahid dan Ustadz Inwanuddin hadir sebagai penyampai materi.


Muhammad Saleh Ridwan mengatakan, kerja sama tersebut bagian dari pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pencerahan tentang instrumen Fajar Shadiq dan beberapa pelatihan yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Gresik dan implementasi merdeka belajar.


"Kami bersepakat untuk membuat perjanjian kerja sama membangun pengembangan, khususnya Ilmu Falak. Di Gresik punya beberapa pakar yang cukup banyak dan punya banyak prestasi. Tentu kami harapkan Prodi Ilmu Falak di kampus kami bisa maju dan berkembang," ujar Saleh.


Fatmawati Hilal, Ketua Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin, dari kegiatan ini, diharapkan mahasiswanya bisa diberi pelatihan khusus oleh LFNU Gresik. Pihaknya ingin memaksimalkan program studinya dengan mengirim beberapa anak didiknya untuk belajar secara khusus di Balai Rukyat Condrodipo yang biasa digunakan untuk observasi hilal.


Sementara itu, Muchyiddin Hasan selaku Ketua LFNU Gresik mengatakan bahwa kerja sama itu adalah kado istimewa bagi para pengurus yang baru saja mendapat Surat Keputusan (SK) dari PCNU Gresik. Menurutnya, momen ini menjadi spirit bagi pengurus baru agar bisa lebih serius dalam berkhidmah karena LFNU Gresik menjadi referensi pembelajaran kampus ternama di Provinsi Sulawesi Selatan.


"Kami berterima kasih kepada sivitas akademika UIN Alauddin Makassar, khususnya Fakultas Syariah dan Hukum Prodi Ilmu Falak, yang sudah mempercayai kami sebagai referensi pembelajaran untuk meningkatkan sekaligus mengembangkan Ilmu Falak untuk mahasiswanya.


Metropolis Terbaru