• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Matraman

Harlah, Ansor Trenggalek Bakal Hadirkan Gus Miftah dan Cak Percil

Harlah, Ansor Trenggalek Bakal Hadirkan Gus Miftah dan Cak Percil
Pamflet acara Nuzulul Qur'an dan peringatan Harlah GP Ansor ke-88 bakal meriah dan khidmat. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Pamflet acara Nuzulul Qur'an dan peringatan Harlah GP Ansor ke-88 bakal meriah dan khidmat. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Trenggalek bakal memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-88 dan Nuzulul Qur'an. Acara tersebut akan menghadirkan KH Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah dan Komedian Cak Percil pada Ahad (24/04/2022) besok.


Selain itu, panitia juga menyediakan layanan vaksinasi booster bagi warga yang hendak membutuhkannya.


Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Agus M Izuddin Zakki menuturkan, pihaknya mendatangkan Gus Miftah dan Cak Percil bukan tanpa alasan. Pertama karena Gus Miftah adalah dai milenial yang peka terhadap zaman. Sehingga sangat beralasan sekali untuk mendayung dua tiga pulau terlampaui dalam bentuk syiar kepada generasi muda.


"Maksudnya dengan mengundang Gus Miftah, pertama anak muda lebih tertarik dengan dakwahnya beliau. Sehingga nanti dengan datangnya beliau ini animo masyarakat terutama generasi muda pasti akan banyak," kata Gus Zakki.


Menurutnya, perihal memilih Cak Percil supaya terintegrasi dengan budaya. Sebab, Cak Percil merupakan sosok yang menjiwai budaya. Terlebih, masyarakat Kecamatan Panggul memang banyak pecinta-pecinta budaya lokal.


"Pegiat jaranan, pegiat wayang ini akan lebih tertarik kalau acara ini juga ada sentuhan budaya," ungkapnya.


Ia berterima kasih banyak kepada panitia lokal yang dipelopori oleh Ketua PAC GP Ansor Munjungan, Gus Hisyam karena telah memfasilitasi acara tersebut dengan baik.


Sementara itu, Ansor Treggalek bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menyediakan ketersediaan vaksin dalam acara tersebut.


"Saya tanya kira-kira berapa estimasi yang hadir. Mungkin estimasi sekitar 3.000 sampai 4.000 dan serapan vaksin biasanya 10 persen, jaga-jaga mungkin bisa sampai 20 persen," ujarnya.


Gus Zakki menyampaikan, pihaknya akan menyediakan sekitar 500 sampai 600 vaksin untuk masyarakat, baik dosis pertama, kedua hingga vaksin booster. Ketika nanti kurang, Puskesmas Panggul siap untuk membantu memfasilitasi.


Ia mengungkapkan, vaksinasi yang digelar bersamaan dengan acara keagamaan untuk saling melengkapi antara pemerintah dengan masyarakat. Sejalan dengan program Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kementerian Agama (Kemenag) dan Polri untuk 1 juta vaksin booster. Tujuannya  agar masyarakat bisa tervaksin, sehingga ketika Hari Raya tercapai herd immunity.


"Ansor mempunyai komitmen, setiap acara pasti akan kita beri dan adakan vaksinasi juga. Kita mendukung sinergi program vaksinasi dari situ," papar kiai muda pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Kedunglurah Kecamatan Pogalan Trenggalek tersebut.


Ia berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Serta tetap menjaga kesehatan seperti program pemerintah dengan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).


"Sehat paling utama, kalau tidak sehat kita tidak bisa beraktifitas dan berbuat baik," tutup alumni Pondok Pesantren Al Falah, Ploso Kediri tersebut.


Editor:

Matraman Terbaru