• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Jujugan

Rasakan Sensasi Buka Puasa di Pantai Kampung Kuliner Mandar Banyuwangi

Rasakan Sensasi Buka Puasa di Pantai Kampung Kuliner Mandar Banyuwangi
Suasana fish market di Kabupaten Banyuwangi. (Foto: NOJ/ Vina Yunda Safitri)
Suasana fish market di Kabupaten Banyuwangi. (Foto: NOJ/ Vina Yunda Safitri)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Ketika NOJers berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, ternyata bisa menikmati menu seafood langsung di pinggir pantai. Tepatnya tidak jauh dari Alun-alun Kabupaten Banyuwangi yakni sebelum masuk ke loket pantai Boom Marina, belok kiri menuju pantai Plengsengan.


Nah, di sepanjang jalan itulah NOJers akan menemui kampung nelayan yang disulap menjadi kampung kuliner Mandar. 


Terdapat gubuk-gubuk terbuat dari kayu dan rotan, lampu-lampu dan kapal yang berjejer di pinggir pantai. Banyak menu olahan ikan laut, makanan ringan dan minuman yang bisa dipesan sesuai selera. Masuknya pun tidak dipungut biaya, hanya membayar parkir saja ketika ingin masuk ke area pantai.


Untuk di tengah-tengah kampung kuliner Mandar, NOJers akan menjumpai fish market yang di dalamnya menjual ikan laut segar dengan harga yang murah. Pengunjung bisa membeli mentahan saja atau dibakar langsung di halaman rumah-rumah warga.


Kemudian, di dalam fish market juga ada hiburan musik akustik yang akan menemani buka puasa bersama keluarga.


Selain itu, tempat dan menu di fish market ini sangat cocok jika NOJers menikmati berbuka dengan formasi anggota yang banyak, seperti yang di sampaikan Wulan, salah satu penjual ikan di fish market.


"Di sini parkirnya luas, tersedia meeting room, dan di bulan Ramadhan kita ada paket menu keluarga yang bisa dipilih sesuai dengan banyaknya jumlah keluarga dengan harga yang terjangkau," jelas Wulan.


Dalam pantauan NU Online Jatim, tidak sedikit anggota keluarga yang menikmati makanan di sana. Mereka tertarik dengan kampung kuliner mandar dan fish market ini karena letaknya sangat strategis.


"Awalnya saya hanya ingin ngabuburit di pantai, namun ketika semakin gelap semakin indah pemandangan di sini. Semakin ramai pengunjung yang memesan makanan, jadi saya dan keluarga memutuskan untuk berbuka puasa di sini," ujar Abdurrahman, pengunjung fish market.


Editor:

Jujugan Terbaru