• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Malang Raya

PCNU Kota Malang Bersama Polresta-Kemenag Targetkan 5 Ribu Vaksin Booster

PCNU Kota Malang Bersama Polresta-Kemenag Targetkan 5 Ribu Vaksin Booster
Salah satu warga lansia saat disuntik vaksin oleh petugas kesehatan. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Salah satu warga lansia saat disuntik vaksin oleh petugas kesehatan. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Progam 1 juta vaksin booster Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama dengan Polri dan Kementerian Agama (Kemenag) sudah sampai ke penjuru daerah. Seperti di Kota Malang target vaksinasi dosis ketiga itu menyasar 5 ribu masyarakat.


Ketua Satgas Covid-19 NU Malang Raya, dr Syifa Mustika mengatakan, gerakan dari PBNU itu memang diturunkan hingga ke daerah. Khusus di Kota Malang gagasan PCNU setempat bersama Polresta dan Kemenag mengadakan vaksinasi booster di beberapa tempat.


"Bisa juga dosis 1 dan dosis 2. Jumlah yang kita siapkan sebenarnya 10 ribu tapi ini 5 ribu sampai selesai kita akan tunggu," kata dr Syifa Mustika di lokasi vaksinasi Masjid Sabilillah, Jumat (22/04/2022).


Dokter yang juga pengurus Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) ini menambahkan, tenaga kesehatan (nakes) terdiri dari berbagai instansi. Nakes kurang lebih berjumlah 30 terdiri dari Dokter Polresta, Unisma, serta dari Satgas NU juga ikut membantu.


Perempuan yang mendapat gelar Spesialis Penyakit Dalam di Universitas Brawijaya menjelaskan, tujuan pelaksaan vaksinasi ini berasal dari instruksi PBNU. Mengingat Hari Raya Idul Fitri banyak masyarakat yang melakukan Mudik 2022.


"Ini memang arahan dari Ketum PBNU bekerja sama dengan Kemenag, dan Polri untuk membantu supaya masyarakat yang mau mudik ini terlindungi," bebernya.


Beberapa lokasi yang disasar selain di Masjid Sabilillah Kota Malang di antaranya Masjid Agung Al Hidayah, Masjid Manarul Islam Sawojajar, Masjid Pondok Nurul Ulum. Serta malam sebelumnya di Masjid Jami' Kota Malang dan MAN 2 Kota Malang.


Salah satu penerima vaksin, Dewi Aisyah mahasiswi asal Nusa Tenggara Barat menjelaskan, sengaja ikut vaksin booster untuk keperluan pulang kampung halaman. Mengingat peraturan Mudik 2022 saat ini harus wajib sudah tervaksin dosis ketiga.


"Mau pulang kampung mas. Kebetulan kuliah saya sudah selesai," ujar Dewi.


Dirinya mengungkapkan, ketika sudah vaksin lengkap merasa nyaman dan aman. "Lebih tenang minggu depan pulang. Kalau balik ke Malang belum tahu ya," pungkasnya.


Editor:

Malang Raya Terbaru