• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 8 Juli 2022

Malang Raya

Ngabuburit, Pelajar NU Kota Batu Nobar Film Kartini

Ngabuburit, Pelajar NU Kota Batu Nobar Film Kartini
Pelajar NU Kota Batu ngabuburit sambil nobar Film Kartini. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Pelajar NU Kota Batu ngabuburit sambil nobar Film Kartini. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)

Batu, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Batu menggelar nonton bareng (Nobar) film Kartini pada Jumat (22/04/2022) sore.


Kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Bani Salim Safari, Kelurahan Sisir, Kota Batu tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini 2022.


Bellgis Avrianzah, Ketua PC IPPNU Kota Batu menyampaikan, acara Nobar ini bertujuan untuk mengajak para kader IPNU-IPPNU mengingat kembali jasa-jasa dari RA Kartini. Tidak sedikit anak muda di masa sekarang yang mulai lupa atau bahkan tidak tahu seberapa besar kiprah pahlawan wanita tersebut di masa lalu. 


“Dengan menonton film tersebut kita tidak hanya mengetahui kiprah Raden Ajeng Kartini, tetapi juga dapat memvisualisasikan secara nyata sosok beliau dalam benak kita,” ujarnya.


Film yang diluncurkan pada tahun 2017 tersebut mengisahkan perjuangan Kartini untuk menyetarakan hak bagi semua orang, baik ningrat ataupun bukan. ​​​​​​​


Kartini juga memperjuangkan hak pendidikan untuk perempuan, bersama kedua saudarinya yang bernama Roekmini dan Kardinah. Ia berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Kabupaten Jepara.​​​​​​​


Kartini sudah mampu berjuang sedemikian rupa di masa yang serba terbatas ruang geraknya untuk perempuan di masa itu. Teladan seperti inilah yang patut untuk dicontoh oleh para pemuda di masa kini, apalagi ditunjang dengan kecanggihan teknologi dan ruang gerak yang lebih bebas.


“Film ini juga sarat makna, setelah menontonnya tentu dapat membangun semangat pemuda dan khususnya perempuan zaman sekarang untuk terus berjuang dalam kemanfaatan. Masa kita kalah semangat sama beliau yang penuh dengan keterbatasan fasilitas dan moral,” tandasnya.


Acara nonton film bareng ini sengaja dimulai pada sore hari sekaligus untuk ngabuburit menjelang berbuka puasa. Kegiatan ini ditutup dengan buka bersama para Pelajar NU kota Batu.


Editor:

Malang Raya Terbaru