• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Hari Bumi, LPBINU Sidoarjo Canangkan Program Penanaman Sejuta Pohon

Hari Bumi, LPBINU Sidoarjo Canangkan Program Penanaman Sejuta Pohon
Rapat koordinasi dan taaruf pengurus yang digelar oleh PC LPBINU Kabupaten Sidoarjo di Kantor PCNU setempat, Kamis (21/04/2022). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Rapat koordinasi dan taaruf pengurus yang digelar oleh PC LPBINU Kabupaten Sidoarjo di Kantor PCNU setempat, Kamis (21/04/2022). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April dijadikan momentum oleh Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Sidoarjo untuk mencanangkan sejumlah program. Salah satunya adalah program penanaman sejuta pohon.


Hal tersebut ditekankan oleh Ketua PC LPBINU Sidoarjo H Samsul Huda dalam acara taaruf sekaligus rapat koordinasi jajaran pengurus masa khidmat 2021-2026 di Kantor PCNU setempat, Kamis (21/04/2022) malam.  


“Hari Bumi merupakan peringatan tahunan guna menghormati pencapaian gerakan lingkungan serta meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya keberlanjutan ekologis dalam jangka panjang. Oleh karenanya, melalui momen Hari Bumi yang diperingati besuk, kita harus bisa merawat planet ini dengan lebih baik,” katanya kepada NU Online Jatim.


Menurutnya, pemanasan global yang ekstrem dikhawatirkan akan mengakibatkan naiknya permukaan laut dan kenaikan suhu air yang bisa membunuh sebagian besar kehidupan laut.


“Kekhawatiran lainnya akan muncul badai yang membahayakan dan iklim lebih hangat serta hujan yang lebih lebat, hal ini akan merusak ketahanan pangan. Kita harus bertindak mulai sekarang atau kita akan terlambat,” tandasnya.


Lebih lanjut, H Samsul menegaskan, dalam pertemuan tersebut selain agenda pencanangan program penanaman sejuta pohon dengan menyasar wilayah kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo, juga dibahas program-proram lainnya sesuai hasil Musyawarah kerja (Musker) I PCNU Sidoarjo beberapa waktu lalu.


“Di antaranya program penguatan  Daya Manusia (SDM) melalui pembentukan kader siaga Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo, pembentukan kader dakwah penanggulangan bencana, pelatihan kader trauma healing dan pelatihan kedaruratan bencana,” tegasnya.


Adapun program lainnya, antara lain program mitigasi bencana dengan membangun jaringan lintas lembaga terkait, pendirian posko tanggap bencana PCNU, pengadaan kendaraan operasional tanggap bencana dan perlengkapan tanggap darurat.


“Selanjutnya kami juga memiliki program pengelolaan lingkungan dengan memanfaatkan energi biogas dan sanitasi. Mohon doa restu dan dukungannya untuk kesuksesan program-program kami tersebut,” pungkasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru