• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

Rawat Tradisi, Ansor di Trenggalek Gelar Festival Shalawat Jawa

Rawat Tradisi, Ansor di Trenggalek Gelar Festival Shalawat Jawa
Pamflet Festival Shalawat Jawa Shollallahu PAC GP Ansor di Trenggalek. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Pamflet Festival Shalawat Jawa Shollallahu PAC GP Ansor di Trenggalek. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek menggelar Festival Shalawat Jawa Shollallahu. Kegiatan ini digelar atas keprihatinan semakin punahnya tradisi membaca shalawat setelah Shalat Tarawih.


"Semakin ke sini semakin terkikis budaya itu karena memang sudah zamannya. Sehingga PAC Munjungan sejak 2019 berusaha untuk merawat tradisi," kata Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, Hanik Mashadi saat dikonfirmasi, Jumat (22/04/2022).


Ia mengaku momentum ini sekaligus menjadi ajang kegiatan rutinan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Lintang Songo. Lintang Songo adalah grup shalawat bagian dari Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) GP Ansor Munjungan.


"Lintang songo sendiri dibentuk 5 tahun yang lalu tepat di bulan puasa 2017 yang lalu. Jadi sampai hari ini sudah 5 tahun berjalan, dan Lintang Songo ini merupakan grup sholawat yang masih eksis sampai hari ini dengan gayanya sendiri," papar pria yang juga sebagai perangkat desa ini.


Dirinya menambahkan, peserta kali ini kelihatannya agak seret dibanding tahun lalu. Terkait jenis musik, panitia mempersilahkan bebas, artinya genre apa pun masuk. Bisa diiringi dengan tabuhan kencreng, bedug, kecuali alat-alat elektronik seperti gitar piano atau orgen tunggal dan sebagainya tidak diperkenankan.


Selanjutnya, panitia hanya menstandarkan naskah shalawat. Untuk variasi vokal dibebaskan, termasuk juga peserta yang mengikuti tidak ada batasan. Sehingga siapa pun bisa berpartisipasi ambil bagian festival lomba.


"Batasan usia kita juga tidak ada, karena istilahnya tarung bebas. Kelasnya mungkin di kelas dewasa. Karena masyarakat yang terbiasa menggunakan sholawat itu usia remaja dewasa," ungkap Mashadi. 


Pelaksanaan festival akan berlangsung selama tiga hari sesuai jadwal. Hal tersebut karena panitia memperkirakan jumlah peserta banyak, sehingga per harinya ada 10an grup yang unjuk kebolehan.


Mashadi menjelaskan, ketika tidak memenuhi, grup yang tampil bisa hanya dua hari pelaksaan. Yaitu pada hari Senin, 25 April 2022 hingga Rabu, 27 April 2022. Pelaksanaan target 3 hari ini asumsi panitia pesertanya kurang lebih 30 grup peserta. Asumsi setiap hari akan ditampilkan 10 grup dari peserta.


"Namun kelihatannya, ketika nanti tidak tercapai angka 30 peserta, maka nanti akan menyesuaikan jadwal bisa 2 hari. Lalu, ujung acara akan nanti kita tutup dengan capaian pemberian hadiah lomba dan sekaliagus pelantikan pengurus PAC GP Ansor Munjungan," imbuhnya.


Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin mengikuti festival bisa langsung menghubungi Arif Hidayat di 0851-7157-3966, atau Hamdan di nomor 0853-3521-2089. Atau melalui online melalui laman : https://bit.ly/festival-ramadhan1443 dengan mengisi sesuai form yang telah tersedia.


Editor:

Matraman Terbaru