• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Madura

Wakil Ketua NU Sumenep: Vaksin Booster Menguatkan Imunitas

Wakil Ketua NU Sumenep: Vaksin Booster Menguatkan Imunitas
Zubairi Karim, Wakil Ketua PCNU Sumenep saat vaksin booster. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Zubairi Karim, Wakil Ketua PCNU Sumenep saat vaksin booster. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim
Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep menegaskan, vaksinasi booster tidak mengakibatkan kematian, tetapi menguatkan imunitas seseorang.


Pernyataan ini disampaikan saat melakukan vaksinasi di Klinik NU Pragaan, Sumenep dengan tajuk 'Gerakan 1 Juta Vaksin Booster'. Acara ini bekerja sama dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Prenduan dan Kementerian Agama (Kemenag) lewat Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pragaan.


Zubairi menjelaskan, setelah melakukan vaksinasi, dirinya tidak mengalami keluhan. Ia mengaku sehat dan tidak merasakan gejala kurang nyaman apapun. “Kalau pun nanti merasakan sakit, itu hanya efek samping dan bukan hal yang berat,” ujarnya, Ahad (24/04/2022).


"Setelah menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu vaksin dosis 1 dan 2, setiap orang yang ditensi tekanan darahnya, lalu diinterview tentang beberapa penyakit yang sering kita derita. Ketika dinyatakan layak, maka tenaga medis akan menyuntikkan vaksin ke lengan sebelah kiri. Untuk mencegah demam, kita diberi penurun panas," imbuhnya.


Di kesempatan yang berbeda, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan KH A Junaidi Mu'arif menjelaskan, bahwa vaksinasi merupakan instruksi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui PCNU untuk melaksanakan 1 juta vaksinasi dengan melibatkan MWCNU di berbagai daerah, salah satunya di Kecamatan Pragaan.


Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk itu mengutarakan, peserta vaksinasi diikuti oleh pengasuh pesantren, pengurus MWCNU, lembaga, Pengurus Ranting NU, Pengurus Anak Ranting NU, badan otonom, dan masyarakat umum.


"Sebagaimana informasi yang tersebar di berbagai platform media, gerakan 1 juta vaksin booster dilaksanakan pada tanggal 21-23 April 2022, ba'da shalat tarawih di Klinik NU Pragaan," ujarnya.


Walaupun waktu sudah lewat dari deadline, lanjutnya, Klinik NU Pragaan masih akan terus melayani vaksinasi bagi warga NU yang belum melakukan vaksinasi.


"Kami mengajak kepada masyarakat, khususnya Nahdliyin yang ada di akar rumput untuk memanfaatkan kesempatan baik ini untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Juga bagi masyarakat yang baru saja mudik dari luar Madura, jika ingin vaksinasi datanglah ke Klinik NU Pragaan, karena pelayanan yang kami berikan bersifat gratis," tandasnya.


Madura Terbaru