• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Madura

Resmikan Bandara Trunojoyo Sumenep, Presiden Jokowi Beli Blangkon

Resmikan Bandara Trunojoyo Sumenep, Presiden Jokowi Beli Blangkon
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Trunojoyo Sumenep memakai blangkon. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Trunojoyo Sumenep memakai blangkon. (Foto: Ist)

Sumenep, NU Online Jatim
Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Trunojoyo di Sumenep, Rabu (20/4/2022). Bandara di ujung timur Pulau Madura ini diharap dapat memudahkan akses transportasi masyarakat Madura dengan pula-pulau di sekitarnya.


"Alhamdulillah, Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep Madura telah selesai dibangun dan siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat Sumenep dan pulau-pulau lain di sekitar Madura," kata Jokowi dalam sambutannya yang dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022).


Jokowi menambahkan, bandara ini penting untuk meningkatkan konektivitas masyarakat di Madura hingga pulau-pulau sekitar Madura. Misalnya Pulau Bawean, Pulau Pagerungan atau bahkan ke Pulau Jawa.


"Saya sampaikan bahwa bandara ini akan sangat penting konektivitas dan memudahkan hubungan antara pulau-pulau kecil di Madura dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di Pulau Madura," tambahnya.


Dalam peresmian ini, Jokowi ditemani sejumlah menteri, mulai dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Menteri BUMN Erick Thohir. Hadir pula Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Sumenep Ahmad Fauzi.


Dalam lawatannya tersebut, Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kompak membeli blangkon (penutup kepala khas Madura) yang warna hingga bentuknya sama persis.


"Ini saya langsung pakai," ujar Jokowi usai membeli blangkon tersebut dilansir tempo.co.


Prabowo juga langsung memakainya setelah mendapatkan ukuran blangkon yang cocok. Keduanya pun sama-sama mengenakan blangkon Sumenep dengan warna merah bata dan bercorak batik.


Sementara itu, usai peresmian Bandara Trunojoyo, Presiden Jokowi langsung bertolak ke Pasar Anom Sumenep dan Pasar Bangkal Sumenep untuk menyerahkan bantuan sosial berupa minyak goreng kepada warga.


Editor:

Madura Terbaru