• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Madura

Safari Ramadhan, Santri Lirboyo di Sumenep Isi KBM di Mushala dan TPQ

Safari Ramadhan, Santri Lirboyo di Sumenep Isi KBM di Mushala dan TPQ
Santri Pesantren Lirboyo di Sumenep saat membimbing mengaji. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Santri Pesantren Lirboyo di Sumenep saat membimbing mengaji. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim
Di musim liburan pesantren, Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri memiliki program Safari Ramadhan oleh para santri yang tersebar di setiap kabupaten/kota. Program tersebut diisi dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) oleh para mahasantri dan santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ ) ataupun mushala. Safari Ramadhan tersebut di antaranya dilaksanakan santri di Kabupaten Sumenep.


Ketua Umum Safari Ramadhan Sumenep, Zamroni Ubaidillah mengatakan, materi yang disampaikan pada anak didik berupa pengembangan ilmu fiqih yang meliputi tata cara tayamum, wudhu, dan shalat.


“Selain itu, ada materi terkait hal-hal yang berkaitan dengan wanita, meliputi haid, nifas dan sejenisnya,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Rabu (13/04/2022).


Tak cukup itu, pihaknya juga mengajarkan gramatika bahasa lewat ilmu nahwu dan sharaf dengan menggunakan kitab Amtsilatut Tashrifiyah. Juga ilmu imla' sebagai dasar seorang anak didik dalam menekuni tata cara menulis bahasa arab serta ilmu tajwid yang menjadi panduan seseorang dalam membaca Al-Qur’an.


“Kami juga mengisi KBM di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ambunten. Adapun materi yang disampaikannya sama dengan TPQ. Hanya saja kami beri tambahan di bidang ilmu akidah dan akhlak. Metode yang digunakan adalah praktik dan hafalan,” ungkapnya.


Ubaidillah menegaskan, program ini akan berjalan selama 23 hari. Disebutkan, peserta atau santri yang terlibat sebanyak 15 orang. Mereka terdiri dari mahasantri dan santri aktif di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.


“Untuk mahasantri semester 3 dan 4, kegiatan ini wajib dan menjadi syarat kelulusan. Namun ada juga anggota delegasi di luar mahasantri yang kami ambil dari pemuda berpengalaman dan mempunyai kualitas mumpuni. Untuk ini hukumnya sunnah. Ada juga santri aktif di Pesantren Lirboyo,” terangnya.


Dirinya pun menjelaskan, peserta Safari Ramadhan Pesantren Lirboyo​​​​​​​ dipusatkan di tiga kecamatan di Kabupaten Sumenep, yakni Dasuk, Ambunten dan Pasongsongan.


“Untuk Kecamatan Dasuk, TPQ yang kami jangkau adalah TPQ Hidayatul Athfal. Sedangkan di Kecamatan Ambunten, yaitu TPQ Mambaul Karomah, TPQ Riyadlul Muttaqin, TPQ Baitur Rohim, dan TPQ Khoirurroziqin,” ungkapnya.


Tak hanya itu, para peserta juga menyasar mushala tiga kecamatan yang sama. Di Kecamatan Ambunten menyapa anak didik di Dusun Paliyan Desa Galis, Dusun Pandan Desa Ambunten Tengah, Dusun Astah Desa Tambaagung Timur, dan Dusun Campalok, Desa Tambaagung Ares.


​​​​​​​“Untuk Kecamatan Dasuk, kami menyapa anak didik di Dusun Tajjan Desa Slopeng. Sedang di Kecamatan Pasongsongan menyapa anak didik di Dusun Benteng Desa Panaongan. Semoga yang kami berikan menjadi ilmu yang bermanfaat,” pungkasnya.


Madura Terbaru