• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Safari Ramadhan, LAZISNU Bawean Santuni Yatim dan Dhuafa

Safari Ramadhan, LAZISNU Bawean Santuni Yatim dan Dhuafa
Safari Ramadhan yang dilaksanakan PCNU Bawean dan jajaran lembaga dan banom. (Foto: NOJ/Aminuddin)
Safari Ramadhan yang dilaksanakan PCNU Bawean dan jajaran lembaga dan banom. (Foto: NOJ/Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Bawean, Kabupaten Gresik, membagikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa pada di Masjid Uswatun Hasanah, Desa Pudakit Barat, Kecamatan Sangkapura, Jumat (08/04/2022) malam. Kegiatan sosial itu dilakukan berbarengan dengan program Safari Ramadhan PCNU setempat.


Ustadz Ilyas, Ketua LAZISNU Bawean, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang kali ini ditepatkan dengan agenda Safari Ramadhan PCNU Bawean. Santunan diberikan sebagai wujud dari rasa kepedulian sesama umat Muslim yang membutuhkan, seperti dhuafa dan anak yatim.


"Jadi setiap kami melakukan turba safari ramadhan di masing-masing MWC juga dilakukan santunan kepada dua puluh anak yatim dan dhuafa yang sudah diseleksi oleh pengurus MWC sebelumnya," kata Ilyas.


Ia berharap, dengan dilakukan santunan ini bisa membantu dan mengurangi beban mereka. Menurutnya, mereka adalah orang-orang yang membutuhkan perhatian lebih yang harus diperhatikan dan dibantu.


"Harapan kami bisa mengurangi beban mereka dengan menolong mereka (anak yatim) dengan melalui santunan LAZISNU ini karena mereka sangat butuh dikasihani," ujar Ilyas.


Ia sering menyampaikan bahwa LAZISNU mempunyai program silaturahim aghniya atau orang-orang mampu, di mana kegiatan ini untuk menyantuni anak yatim dan dhuafa. Sementara warga Nahdliyyin yang ekonominya dianggap menengah ke atas diminta sebagian hartanya untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan.


Dalam Safari Ramadhan juga disampaikan tentang penguatan Aswaja oleh Kiai Ali Subhan, Wakil Ketua PCNU Bawean, dan sosialisasi tentang zakat oleh LAZISNU Bawean. Ilyas menuturkan beberapa yang disampaikan tentang zakat kepada jamaah, di antaranya terkait hukum zakat, perintah zakat, ancaman bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat, hikmah zakat, dan cara pengelolaan zakat.


Metropolis Terbaru