• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

Presiden Jokowi Pantau Vaksinasi AstraZeneca untuk Ulama dan Warga di Sidoarjo

Presiden Jokowi Pantau Vaksinasi AstraZeneca untuk Ulama dan Warga di Sidoarjo
Presiden Jokowi menyaksikan vaksinasi yang dilakukan kepada Ketum MUI Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (22/03/2021). (Foto: NOJ/Istimewa)
Presiden Jokowi menyaksikan vaksinasi yang dilakukan kepada Ketum MUI Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (22/03/2021). (Foto: NOJ/Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Presiden Joko Widodo memantau proses vaksinasi yang dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Senin pagi (22/03/2021). Di sana, sejumlah ulama, tokoh masyarakat, pejabat, dan perwakilan warga disuntik vaksin, di antaranya, dengan merek AstraZeneca.

 

Jokowi hadir di lokasi didampingi sejumlah pejabat Negara, di antaranya Menteri Sekretaris Negara Praktikno dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Terlihat pula Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Polda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, dan lainnya.

 

Berdasarkan siaran langsung yang ditayangkan chanel YouTube Sekretariat Presiden, sejumlah ulama dan kiai turut disuntik vaksin dan disaksikan secara langhsung oleh Jokowi dan pejabat lainnya. Di antaranya yang disuntik ialah Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Hasan Mutawakkil Alallah.

 

Setelah dari meninjau vaksinasi di Sidoarjo, Jokowi dijadwalkan bergeser ke ke Kabupaten Pasuruan untuk meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan yang berlokasi di Desa Sidepan Winongan, Kecamatan Winongan. Siangnya, Jokowi akan meninjau vaksinasi di Kabupaten Jombang.

 

Jokowi mengatakan, dirinya telah melakukan pertemuan dengan sejumlah kiai di Provinsi Jatim terkait dengan pelaksanaan vaksinasi AstraZeneca tersebut. Kata dia, Jatim siap diberikan vaksin AstraZeneca untuk digunakan di pondok pesantren.

 

"Saya perintahkan Menkes segera distribusikan vaksin AstraZeneca di Jatim dan provinsi lain," ujarnya.

 

Ketum MUI Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah mengatakan, sebelum ke Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jokowi melakukan pertemuan dengan para kiai sepuh Jatim untuk meminta pendapat tentang vaksin AstraZeneca dari sudut pandang hukum Islam.

 

“Dan hukumnya halalan thayyiban dan memang seharusnya untuk dimanfaatkan program vaksinasi pemerintah ini karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyatnya. Tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri,” kata Kiai Mutawakkil.

 

Selain di Sidoarjo dan Jombang, vaksinasi dengan merek AstraZeneca dijadwalkan akan digelar di kantor Nahdlatul Ulama Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa besok (23/03/2021). Sedikitnya seratus kiai dan aktivis NU Jatim akan mengikuti vaksinasi pada kesempatan itu.

 

"Vaksinasi ini dilaksanakan sebagai bentuk keteladanan dari NU dan bukti bahwa vaksin AstraZeneca halal," kata Sekretaris PWNU Jatim, Akhmad Muzakki, kepada NU Online Jatim, Ahad (21/03/2021).

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru