• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Metropolis

Ainun Najib Pemuda NU Gresik Dipinang Jokowi, Ini Kata Sang Ayah

Ainun Najib Pemuda NU Gresik Dipinang Jokowi, Ini Kata Sang Ayah
Potret Ainun Najib (kiri atas) bersama keluarga besarnya. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Potret Ainun Najib (kiri atas) bersama keluarga besarnya. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Nama Ainun Najib kembali jadi sorotan. Musababnya, pemuda NU asal Kabupaten Gresik itu disebut-sebut Presiden Jokowi saat sambutan di acara Pengukuhan PBNU 2022-2027 di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Senin kemarin. Jokowi kepincut dan meminta NU ‘membajak’ Ainun dari Singapura agar bisa berkontribusi di Indonesia di bidang teknologi. Apa kata sang ayah?

 

Nggeh sae-sae mawon (bagus-bagus saja). Alhamdulillah, alladzi bi ni'matihi tatimmus shalihat (Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatan-Nya menjadi sempurna segala amal saleh),” kata Abdul Rozaq, orang tua Ainun Najib, kepada NU Online Jatim, Selasa (01/02/2022).

 

Rozaq mengatakan, Ainun Najib tidak pulang ke Gresik sejak dua tahun terakhir. Dia sempat berkunjung ke Singapura menjenguk anaknya sebelum pandemi Covid-19. Soal harapan Presiden agar Ainun Najib mau pulang ke Indonesia, Abdul Rozaq menyerahkan sepenuhnya kepada sang anak.

 

Kulo ten yugo, bebas mawon (saya apa kata anak, terserah saja),” ucap Pengasuh Pondok Pesantren Syifaul Qulub itu.

 

Pada saat pembukaan Pengukuhan PBNU Masa Khidmat 2022-2027, Presiden Jokowi dalam sambutannya menyebut nama Ainun Najib yang ahli di bidang teknologi informasi dan kini bekerja di sebuah perusahaan di Singapura. Jokowi menyebut Ainun sebagai sosok muda NU dan praktisi teknologi di bidang data sains yang hebat.

 

“Saya kenal satu orang, yang lain masih banyak. Beliau ini kerja di Singapura. Sudah lama, tujuh tahun yang lalu. Ngerjain ini, semuanya, apa pun bisa. Namanya Mas Ainun Najib. Masih muda sekali. NU," ungkap Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube TVNU.

 

Tapi, lanjut Jokowi, di Singapura gaji Ainun Najib sudah sangat tinggi. Kalau diminta pulang ke Indonesia, tentu harus bisa menggajinya lebih besar daripada di Singapura. ‘’Ini tugasnya nanti Pak Kiai. Kalau beliau yang ngendiko (berbicara), digaji berapa pun, bismillah pasti mau,’’ kata mantan Gubernur DKI itu.

 

Untuk diketahui, Ainun Najib adalah pemuda 32 tahun yang lahir di Desa Klotok, Kecamatan Balongpanggang. Dia lahir dari pasutri Abdul Rozaq- Rustinah. Ayahnya seorang kiai kampung, alumnus Pondok Pesantren (Ponpes) Qomaruddin, Sampurnan, Kecamatan Bungah, Gresik. Ibunya seorang guru SD.

 

Ainun Najib memulai pendidikan dasar dari sebuah sekolah madrasah. Yakni, di Madrasah Ibtidaiyyah Islamiyah, Ganggang, Kecamatan Balongpanggang, Gresik. Setelah itu, melanjutkan ke SMPN Balongpanggang. Lalu, meneruskan ke SMAN 5 Surabaya. Selepas itu, mendapat beasiswa kuliah di Universitas Nanyang Singapura.


Metropolis Terbaru