• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Tapal Kuda

Tahap Pertama, PCNU Kabupaten Pasuruan Bantu Relawan Banjir Kota Batu

Tahap Pertama, PCNU Kabupaten Pasuruan Bantu Relawan Banjir Kota Batu
Banjir bandang di Kota Batu. (Foto: NOJ/cnn)
Banjir bandang di Kota Batu. (Foto: NOJ/cnn)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan melalui Tim NU Peduli menyalurkan bantuan tahap pertama kepada para relawan banjir bandang yang terjadi di Kota Batu (04/11) pada Sabtu Sore (06/11). Tim NU Peduli tersebut terdiri dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), dan Satuan Khusus Banser Tanggap Bencana (Bagana). Bantuan tahap pertama itu berupa alat-alat yang dibutuhkan para relawan di lokasi bencana seperti arit, sekop, cangkul, gerobak artco, dan lain-lain.

“Sebagian besar relawan yang datang ke lokasi tidak membawa alat-alat untuk membersihkan puing-puing banjir,” ujar Muhammad Nawawi selaku Koordinator Aksi NU Peduli Kota Batu kepada NU Online Jatim.

Ia juga menyampaikan bahwa PCNU sedang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan terkait pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga terdampak banjir.

“Sedang dikomunikasikan terkait bantuan tangki air untuk warga,” imbuhnya.

Ia juga meminta kepada relawan yang berangkat ke lokasi untuk berkoordinasi terkait berbagai kebutuhan warga yang diperlukan namun masih belum banyak terpenuhi.

"Senin besok kami koordinasi lagi untuk persiapan penyaluran tahap selanjutnya," kata Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan itu.

PCNU Kabupaten Pasuruan juga mengajak para kader NU, donatur, dan agniya' untuk membantu meringankan beban warga terdampak banjir bandang di Kota Batu dan beberapa titik di Kota Malang itu.

“Donasi bisa melalui rekening Bank Jatim 1092046784 atas nama LPBINU Pasuruan. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Sugeng Hariyadi di nomor 081358276099,” pungkas Alumnus Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah tersebut.


Tapal Kuda Terbaru