• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Tapal Kuda

Kader NU di Lumajang Berhasil Tembus Final OPOP Award Jatim 2021

Kader NU di Lumajang Berhasil Tembus Final OPOP Award Jatim 2021
Fauzi Anwar bersama Sekjen OPOP Jatim, M Ghofirin saat pelatihan peserta final. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif).
Fauzi Anwar bersama Sekjen OPOP Jatim, M Ghofirin saat pelatihan peserta final. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif).

Lumajang, NU Online Jatim

Mengusung tema sociopreneur, Fauzi Anwar (38 tahun) kader NU asal Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang berhasil menembus babak final event One Pesantren One Produk (OPOP) Award Jawa Timur (Jatim) 2021.

 

Kader NU yang juga ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Santri (Hipsi) Lumajang ini diketahui mulai mengikuti event tersebut sejak dibuka pada 30 September 2021 lalu dari babak penyisihan. Selanjutnya melaju ke semifinal hingga dinyatakan sebagai salah satu dari 5 peserta final yang akan digelar pada Selasa (09/11) mendatang.

 

Fauzi Anwar menuturkan, pada event yang disupport Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dan Inews TV ini, ada 3 kategori perlombaan yang bisa dipilih oleh peserta. Yaitu pesantrenpreneur, santripreneur, dan sociopreneur. Dan sengaja ia memilih kategori sociopreneur karena dinilai sesuai dengannya.

 

"Ini yang cocok dengan saya. Karena sociopreneur itu boleh diikuti santri yang sudah alumni yang punya usaha minimal sudah berjalan 3 tahun kemudian memiliki perizinan," ungkap ayah 4 anak ini saat dikonfirmasi NU Online Jatim pada Sabtu, (06/11).

 

Lebih detail dirinya menjelaskan, titik berat penilaan pada kategori sociopreneur selain perizinan dan potensi yang menjanjikan, juga harus ada dampak sosial yang bisa dirasakan masyarakat sekitar sebagai pemberdayaan.

 

"Usaha saya itu percetakan. Alhamdulillah, selain puluhan karyawan tetap, juga ada pekerja lepas dan borongan. Bahkan, kalau musimnya Pilkades atau Pilkada biasanya kami melibatkan ibu-ibu untuk melipat surat suara," imbuh pemilik Percetakan California tersebut.

 

Ia menceritakan, awalnya dirinya tidak menargetkan apa-apa saat mengikuti event ini. Dari awal dirinya hanya menginginkan bisa dapat pengalaman, relasi dan ilmu dari acara ini, namun siapa sangka bisa sejauh ini.

 

"Alhamdulillah bisa sampai final. Kami akan menyiapkan seoptimal mungkin untuk final nanti. Apapun hasilnya kita pasrahkan yang penting kita sudah berusaha," ucapnya.

 

Dirinya meminta dukungan dan doa dari warga NU Lumajang agar bisa memberikan yang terbaik dalam laga final nanti. Sebagai Kader NU asal Senduro Lumajang dirinya juga berjanji akan memberikan bantuan semen untuk pembangunan Gedung NU Center Senduro.

 

"Insyaallah kalau nanti berhasil menjadi juara 1 akan saya sumbangkan 100 semen," pungkasnya.

 

 

Final OPOP Award Jatim 2021 ini akan digelar di Hotel Aston Gresik dan disiarkan Live di chanel youtube OPOP TV pada Selasa, (09/11) pukul 12.00 WIB.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru