• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Pemerintahan

Wakil Gubernur Jatim Dorong Program OPOP Jatim

Wakil Gubernur Jatim Dorong Program OPOP Jatim
Sambutan Wakil Gubernur Jatim saat peringatan Hari Santri Nasional 2021 di PWNU Jatim. (Foto: NOJ/Savhira)
Sambutan Wakil Gubernur Jatim saat peringatan Hari Santri Nasional 2021 di PWNU Jatim. (Foto: NOJ/Savhira)

Surabaya, NU Online Jatim

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menghadiri Resepsi Hari Santri Nasional 2021 di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim. Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan banyak santri yang meraih prestasi terkait pengembangan teknologi.

 

“Sejumlah capaian yang ada semoga bisa membantu ekosistem santri yang mampu mewarnai ekonomi umat kita,” katanya dihadapan sejumlah kiai dan ulama yang hadir.

 

Dirinya kemudian menjelaskan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim terkait One Pesantren One Product (OPOP) dimana pelaku utamanya adalah santri.

 

“Kami dari Pemprov Jatim hanya mendorong sedikit saja dari usaha besar yang dilakukan pesantren sebelumnya lantaran memang luar biasa,” ungkapnya.

 

Banyak hal yang harus diketahui oleh pesantren, termasuk dunia kampus. Karenanya, Emil juga akan memperjuangkan melalui Kemendikbudristek RI untuk menjadikan pesantren sebagai bagian dari program merdeka belajar.

 

“Bahkan mahasiswa jangan hanya berada di kampus tapi melebur dengan masyarakat,” terangnya.

 

Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menyapa dan berbaur dengan pesantren. Karena bila hendak mengenal masyarakat adalah berbaur dengan pesantren.

 

Selama ini yang sudah dilakukan bersama Gubernur Jaim adalah dengan memfasilitasi dan mendukung ikhtiar serta usaha yang telah dirintis pesantren. Salah satu yang dilakukan yakni menyediakan OPOP Mart atau pameran yang mana pesantren dapat memamerkan produk yang telah dimiliki. Demikian juga permodalannya dalam koperasi.

 

Emil juga menggaris bawahi sambutan dari Ketua PWNU Jatim yang mengingatkan akan keberkahan dengan kerkhidmat di NU.

 

“Barokah adalah kata kunci yang luar biasa karena kalau semua diniati demikian maka hati akan tenang, apapun hasilnya,” tuturnya.


Pemerintahan Terbaru