• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Matraman

Hari Santri, Pesantren di Trenggalek Gelar Festival Selama Sebulan

Hari Santri, Pesantren di Trenggalek Gelar Festival Selama Sebulan
Semarak hari santri di Pesantren Qomarul Hidayah, Tugu, Trenggalek. (Foto: NOJ/Uliyatun Ni’mah)
Semarak hari santri di Pesantren Qomarul Hidayah, Tugu, Trenggalek. (Foto: NOJ/Uliyatun Ni’mah)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Qomarul Hidayah, Gondang Kidul, Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan rangkaian festival selama sebulan penuh. 

 

Kegiatan yang dinamakan Semarak Hari Santri Nasional 2021 tersebut dimulai pada 17 Oktober sampai dengan 10 November. Gelaran festival tidak hanya dalam rangka memperingati hari santri, tetapi juga peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dan menyongsong hari pahlawan. Peserta festival ini beragam, mulai dari para santri sampai para ustadz/ustadzah.

 

“Gelaran festival ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan selalu ramai,” kata Pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Qomarul Hidayah, Agus Syaiful Mahbub kepada NU Online Jatim, Jumat (22/10). 

 

Hanya saja, saat ini gelaran tersebut disesuaikan dengan kondisi sehingga dilaksanakan secara terbatas untuk lembaga di lingkungan pondok saja. 

 

“Dua tahun yang lalu, festivalnya bisa lebih meriah dan terbuka untuk umum. Tetapi karena pandemi juga belum usai, saat ini kita masih membatasinya.” Katanya.
  

Pria yang akrab disapa Gus Abub menjelaskan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan di antaranya lomba muhafadhah, khitabah, gebyar shalawat, paduan suara, orasi jihad, bola volly antar ustadz/ustadzah lembaga. Juga khataman Al-Qur’an, istighotsah, nonton bareng film ‘Sang Kiai’, serta upacara.

 

“Yang paling baru, ada lomba orasi jihad dan bola voli untuk ustadz dan ustadzah,” katanya. 

 

Untuk lomba voli itu diselenggarakan untuk memberikan ruang bagi para guru, ustadz dan ustadzah. Karena biasanya yang lomba kan para santri. 

 

“Juga untuk membangkitkan kembali semangat para ustadz saat berproses menjadi santri dahulu. Semacam nostalgia,” terangnya.  

 

Gus Abub menyampaikan terima kasih karena tahun ini pesantren juga diamanahi menjadi tuan rumah lomba muhafadzah santri dan musabaqah qira'atil kutub (MQK). Kegiatan diselenggarakan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI-NU) dan Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PCNU Trenggalek pada 17 Oktober lalu dan diikuti seluruh pesantren di kawasan setempat.

 

Penulis: Uliyatun Ni’mah


Editor:

Matraman Terbaru