• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Matraman

Sambil Main Trail, Ansor Trenggalek Gelar Baksos Pembangunan Masjid

Sambil Main Trail, Ansor Trenggalek Gelar Baksos Pembangunan Masjid
Poster kegiatan baksos sambil ngetrail oleh GP Ansor Trenggalek. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Poster kegiatan baksos sambil ngetrail oleh GP Ansor Trenggalek. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Trenggalek bakal mengadakan 'Baksos Pembangunan Masjid Jannatul Ilmi' dengan konsep trail 'Explore Alas Prigi'. Maksudnya, sambil meluapkan hobi trail, mereka akan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dengan baksos.

 

Agus M Izuddin Zakki alias Gus Zakki selaku Ketua GP Ansor Trenggalek menuturkan, komunitas-komunitas trail biasanya ketika ada masjid, mushala atau madrasah dibangun mengadakan baksos. Karena kebetulan hobinya trail, sekalian mengundang beberapa klub atau komunitas untuk menggalang dana.

 

"Kita menginisiasi, selanjutnya dilaksanakan Ranting Ansor Tasikmadu bekerja sama dengan komunitas trail lokal untuk mengadakan baksos," kata Gus Zakki melalui sambungan telepon genggam, Jumat (08/10/2021).

 

Dia mengungkapkan, karena baksosnya trail, panitia akan mengajak peserta berkeliling di lokasi-lokasi jalur yang ditentukan, sekaligus mengeksplore wisata. Rutenya ialah start dan finish di Dusun Tenggong, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Rute ini menyusuri bibir pantai dan hutan-hutan yang luas.

 

"Jadi tidak menimbulkan kerumunan. Itu pun sudah di alam terbuka, di pesisir pantai selatan," ujar Gus Zakki.

 

Estimasi jumlah komunitas yang akan berpartisipasi dalam kegiatan itu yaitu satu-dua komunitas di masing-masing kecamatan. Setiap komunitas diwakili sepuluh anggota. "Misinya bukan hanya suka-suka, tapi lebih kepada bakti sosial. Sudah sering di daerah lain mengadakan seperti itu," ujar alumni Pondok Pesantren Al Falah, Ploso Kediri, itu.


Matraman Terbaru