Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Begini Cara IPNU-IPPNU di Trenggalek Asah Bakat

Begini Cara IPNU-IPPNU di Trenggalek Asah Bakat
Suasana Rutinan Badminton PAC IPNU IPPNU Watulimo. (Foto: NOJ/ Uliyatun Ni'mah).
Suasana Rutinan Badminton PAC IPNU IPPNU Watulimo. (Foto: NOJ/ Uliyatun Ni'mah).

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek memiliki Rutinan Badminton (Runton) yang dilaksanakan setiap hari Selasa. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Balai Desa Margomulyo, Kecamatan Watulimo ini salah satunya sebagai upaya mengasah bakat kader.

 

Muhammad Gufron Alutfi, Wakil Ketua Bidang Olahraga, Seni, dan Budaya PAC IPNU Watulimo yang merupakan inisiator kegiatan tersebut menerangkan, Runton adalah salah satu program kerja yang sudah ditetapkan. Tujuannya adalah untuk mewadahi dan memberdayakan kader IPNU-IPPNU yang memiliki minat bakat di bidang olahraga badminton, serta mempererat tali silaturahim antar anggota.

 

"Karena melihat minimnya kegiatan di masa pandemi. Selain itu, program ini sangat bagus untuk menambah imunitas tubuh," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Ghufron menginisiasi Runton karena melihat potensi yang ada di wilayahnya. "Banyak pelajar yang memiliki keahlian badminton cukup banyak," ujarnya.

 

Lebih lanjut Ghufron menjelaskan, sejak dirilis 4 bulan yang lalu antusiasme peserta sangat baik meskipun jumlah peserta berbeda-beda pada setiap kegiatan Runton ini. Saat ramai bisa mencapai 25 orang.

 

"Beberapa bahkan mengusulkan agar Runton dilaksanakan dua kali seminggu," lanjutnya.

 

Kegiatan tersebut bersifat terbuka dan dapat diikuti oleh seluruh pelajar di Trenggalek.

"Kami akan senang sekali jika teman-teman dari daerah lain berkenan mengikuti. Untuk pendaftaran, tinggal konfirmasi ke saya atau dapat mengirim pesan langsung (DM) melalui akun PAC IPNU-IPPNU Watulimo," ungkapnya.

 

Terkait pengembangan kegiatan, Ghufron menggambarkan bahwa kedepannya kegiatan ini harus terus dikembangkan untuk persiapan event-event besar.

 

"Rencananya akan kami adakan pembinaan. Nantinya akan ada pelatih yang kompeten. Agar muncul atlet-atlet berbakat dari IPNU-IPPNU dan bisa bersaing," tuturnya.

 

Lelaki yang merupakan staf Baitul Maal KSPP Syariah Madani Jawa Timur itu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah setempat yang mendukung kegiatan tersebut.

 

"Terima kasih kepada Kamali, Kepala Desa Margomulyo yang sudah memfasilitasi gedung aula badminton secara gratis untuk kegiatan IPNU-IPPNU," tandasnya.

 

Selain kegiatan tersebut, PAC IPNU - IPPNU Watulimo juga merilis program rutin yaitu rutinan futsal (Runsal), rutinan qiroah (Run'ah) serta sedang dalam proses koordinasi untuk program rutinan tenis meja (Runteme) dan rutinan musik (Runsik).

 

 

Ghufron berharap, program-program tersebut berjalan secara istiqamah, menghasilkan kader-kader yang berkualitas dan mampu bersaing.

 

Penulis: Uliyatun Ni’mah 

Terkait

Matraman Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini