Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Mahmud Irsyada dari Lumajang Juara Satu Cipta Lagu Santri 2021

Mahmud Irsyada dari Lumajang Juara Satu Cipta Lagu Santri 2021
Beberapa foto Mahmud Irsyada. (Foto: NOJ/Mahmud)
Beberapa foto Mahmud Irsyada. (Foto: NOJ/Mahmud)

Lumajang, NU Online Jatim

Prestasi membanggakan diraih Mahmud Irsyada. Karena lagu karya santri Pondok Pesantren Kiai Syarifuddin, Wonorejo, Kedungjajang, Lumajang yakni ‘Santri Penjaga NKRI’ dinobatkan sebagai juara 1 lomba cipta lagu santri yang diadakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

 

Penobatan juara lomba ini diumumkan pada acara ‘Malam Puncak Hari Santri Nasional 2021’ yang disiarkan langsung di Chanel Youtube TVNU, Jumat (22/10). Kegiatan diawali pembacaan 9 lagu yang masuk nominasi di ajang bergengsi tersebut.

 

Mahmud Irsyada menuturkan, kunci kesuksesannya menciptakan lagu tak luput dari kekompakan beberapa pihak. Mereka ikut membantu dalam proses yang dibutuhkan. Sehingga tidak hanya isi lagu yang sarat makna, namun aransemen musik dan pengambilan video klipnya dinilai cukup baik.  

 

"Kami dibantu dari tim media pondok pesantren dan juga tim media profesional dari luar,” katanya. 

 

Setelah lagunya jadi, masih membutuhkan 3 sampai 5 hari, dan setelah itu dilakukan rekaman. 

 

Mahasiswa Fakultas Dakwah Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin Wonorejo tersebut menambahkan bahwa tema lagu yang dipilih berisi peran santri yang ikut memperjuangkan kemerdekaan karena hasil didikan ulama. Sehingga peran itu sampai saat ini harus tetap ditanamkan dalam sanubari santri untuk tetap menjadi garda terdepan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

"Untuk temanya kami mencari tema yang bagus dan mencolok,” terangnya.

 

Hal tersebut dipilih karena lomba diadakan dalam rangka memperingati hari santri. Sehingga tim mengutip tema dari kata santri. 

 

“Kami berharap lagu ini menjadi media dalam menyampaikan pesan tentang loyalitas santri untuk NKRI, dan menumbuhkan rasa bangga menjadi santri," harapnya.

 

Sementara itu, Gus Izzuddim Syarif selaku ketua pondok yang mengkoordinir Mahmud Irsyada dalam proses pembuatan lagu menyatakan sangat bahagia mendengar kabar ini. Sebagai wakil keluarga besar pesantren, dirinya turut bersyukur santrinya berhasil menjadi juara.

 

"Keluar besar Pesantren Kiai Syarifuddin sangat senang sampai tidak terasa keluar air mata,” akunya. 

 

Dijelaskan bahwa prestasi ini merupakan yang pertama bagi Yayasan Pesantren Kiai Syarifuddin ikut lomba lagu dan langsung menang.

 

Wakil ketua yayasan bidang organisasi tersebut berharap ini menjadi langkah awal santri untuk semangat menjadi juara berikutnya di segala bidang lomba. Hal itu tentu saja  akan membawa nama baik almamater pesantren terlebih untuk Kabupaten Lumajang.

 

"Terima kasih buat Mahmud Irsyada yang sudah membawa nama Pondok Syarifuddin ke kancah nasional. Meskipun semua serba dadakan dari rekaman dan pembuatan video clip," pungkasnya.

 

Penulis: Sufyan Arif

Terkait

Tapal Kuda Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini